Hidden Paradise Tengger Bromo

Wednesday, August 21, 2013 Imama Lavi Insani 2 Comments

Bismillahirrahmaanirrahim...

Postingan kali ini mau cerita tentang Bromo. Udah pada tau kan Bromo ini apa ? bukan nama makanan khas dari madiun loh ya , itu brem #ehem oke krik ya hehe lanjut aja ya. Mau cerita dulu kenapa bisa sampe ke Bromo. Jadi gini , waktu itu ada salah satu program di kursus bahasa inggris yang aku ikutin buat ngasah kemampuan ngomong bahasa inggris yaitu semacam study tour. Jadi ada 2 pilihan study tour , ke Bali sama Bromo. Berhubung aku terakhir ke bromo pas kecil banget , TK deh kayaknya , akhirnya mutusin ke Bromo. Ini ada peta, transportasi sama hotel atau penginapan  (sumber dispobpar) ,cekidot :





Kita kesana naik minibus elf. Sekitar jam 11 malem kita berangkat dari Pare dan lewat probolinggo. Oh iya FYI ya Bromo ini letaknya di perbatasan 4 kabupaten di Jawa Timur , yaitu kabupaten malang , pasuruan , probolinggo , dan Lumajang. Jadi kita bisa lewat dari salah satu 4 kabupaten itu.  Aku sendiri waktu itu lewat Probolinggo dan karena perjalannya malem hari dan gelap jadinya gak paham deh itu jalurnya lewat mana aja ditambah lagi karena perjalanan malem akhirnya tidur terus dan bangun pas udah di pintu masuk mau ke pos. Dan karena ada beberapa kejadin tak terduga mengakibatkan terlambat nyampe penanjakannya buat liat sunrise:(( tapii tapiii tapiiiii meskipun agak telat keadaan alam sekitar jadi sedikit penawar soalnya keren bangettt. Sebelum kita ke bromo ada beberapa tips nih buat kalian yang mau kesana.

 Tips barang bawaan yang mesti dibawa :

1. Jaket , syal , topi , sarung tangan yang bisa bikin badan anget pokoknya soalnya disana dingiiiiiin pake banget oh iya jangan lupa pake masker + kacamata soalnya pas di lautan pasirnya nanti anginnya kenceng banget jadinya hati-hati aja kelilipan atau pasirnya ikut masuk kehirup *ngeri* hehe
2. Kamera ( pocket , slr , kamera hp , dll) penting banget buat mengabadikan momen penting pas di bromo soalnya pemandangannya yang subhanallah banget dan gak lucu banget udah di bromo eh gak ada foto-foto yang bisa dipamerin ke temen *eh* hehehe :p
3. Sepatu dan sandal yang nyaman dipake jangan sampe pake yang aneh-aneh misal pake wedges , high heels dan kawan-kawannya. Inget ya di bromo ada lautan pasir + 250 anak tangga dan kalo sampe pake alas kaki yang bikin gak nyaman siap-siap deh terima resiko kaki lecet atau sejenisnya

Tips buat yang bawa kendaraan pribadi (mobil,motor,dll) kalo lewat probolinggo :

1. Doa dulu (wajib)
2. Pastikan bensin cukup untuk pulang pergi bromo , ada pom bensin terakhir sebelum ke kawasan bromo , manfaatkan sebaik-baiknya , pas di kawasan bromo ada yang jual bensin eceran tapi kurang tau harganya berapa, untuk antisipasi aja ya mending nge-pom dulu
3. Hati-hati dan pelan-pelan aja kalo belum pernah kesana , daerah yang dilewati cukup curam , aspal semua jalannya tapi ya gitu kalo gak hati-hati bisa masuk jurang nanti, soalnya daerahanya beneran curam banget
4. Saran untuk yang membawa kendaraan pribadi , kalo bisa bawa mobil yang bener-bener bertipe " petualang ". Kenapa ? Karena medan yang ditempuh memang membutuhkan mobil yang mempunyai kemampuan lebih dalam hal "petualang" . The new Terios misalnya. Salah satu SUV dengan ground clearence ( high ground clearence) yang tinggi dengan kapasitas 7 orang dapat membawakan sensasi berpetualang yang bener-bener lebih dibandingkan dengan jenis SUV yang lain. Dengan segala kelebihan-kelebihan pada eksterior,interior,spesifikasi,performance, dll dapat membuat feel " petualang sejati " benar-benar kita rasakan. Cek beberapa foto di bawah ini :



Bisa dilihat saat melewati sungai dan pasir sepertinya tidak terlalu menjadi masalah besar karena memang mobil ini diperuntukkan untuk mendapatkan sensasi " petualang " yang lebih yang tidak didapatkan oleh mobil lain. ( sumber : sungai , pasir )

Jadi dengan mobil jenis ini kita tidak perlu oper-oper seperti penulis lakukan untuk menikmati salah satu 7 wonders di negeri ini karena memang mobil ini dirancang untuk berpetualang menikmati keindahan-keindahan alam dan kebudayaan yang belum terlalu terkuak oleh media dan publik atau yang biasanya kita sebut hidden paradise . 


Untuk tempat penginpaan seperti homestay kalian bisa cari dan harganya sekitar 200 ribu sampai 250 ribu. Pinter-pinter cari tempat yang sesuai dengan keinginan kalian ya. Oh iya makin banyak orang yang nginep makin murah juga nanti buat bayar tempatnya. Jadi misal kan satu homestay bisa buat 20 orang , dan harganya 250 ribu . Kalo kalian rombongan cuma 10 orang bayarnya akan lebih mahal dengan orang yang rombongan 20 orang *iyalah ya -__-  Untuk masalah shalat ada musholla di dekat karcis masuk, jadi bisa shalat nanti disana.

Oke lanjut yaa.. rombongan kita sebenernya telat buat lihat sunrisenya. Tapi gak bikin kita patah semangat buat tetep ke bromo. Akhirnya kita nyampe dimana kita mesti ganti kendaraan buat ke lokasi bromo. Karena kita naik mobil minibus elf dan keadaan medan yang gak memungkinkan banget buat kita naik elf kesana akhirnya kita ganti naik mobil jeep atau hardtop. Oh iya harga tiket masuk kalo gak salah enam ribu rupiah, itu tahun lalu , belum tahu yang tahun ini berapa , soalnya belum kesana hehe. Nih ada beberapa foto pas otw kesana :

liat sunrisenya pas di jalan :|




ganti naik hardtop


di atas hardtop 




nyampe di pintu masuk


Nah akhirnya kita nyampe juga ke penanjakan. Keadannya dingiiiiin banget tapi alhamdulillahnya ada yang jual minuman yang anget-anget , teh , kopi , dll. Lumayan buat bantuin badan jadi anget. Pas nyampe disana yang notabene matahari udah lumayan agak tinggi akhirnya kita langsung turun mobil dan mengabadikan momen sebanyak-banyaknya disana. Eh ternyata pas disana ada rombongan vespa rider dari jakarta. Jadi agak kaget juga ada yang bela-belain naik vespa dari jkt buat kesini. Salut banget sama mereka.







naik vespa ke bromo loh :o


Keadaan di penanjakan sendiri waktu itu gak terlalu banyak orang. Ada beberapa orang aja waktu itu. Dari penanjakan ini kita bisa liat beberapa gunung yang ada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger,misalkan gunung batok , bromo , dll. Waktu itu keadaan di kawasan bromo ditutupi sama kabut , jadi lautan pasir atau biasanya yang disebut pasir berbisik ketutup sama kabut , jadi kita yang ada diatasnya berasa ada di atas awan. Ini pertama kalinya aku ngerasain itu. Kereeeeeeeen banget , sampe gak tau lagi mau nulis apa hahaha. Cek foto+ videonya aja ya, ini sok-sok an pake english , ya biar gaya dikit gitu lah :p




narsis dulu ya :p




foto naik hardtop :))




ini kalo diliat hardtopnya udah tua tapi masih joss banget kualitasnya


Abis dari penanjakan kita langsung menuju ke kawasan bromo. Kalo tadi ke penanjakannya jalannya naikk sekarang saatnya turun. Nah tadi kan dari penanjakan keliatan kabutnya tebel banget yang sampe berasa di atas awan hehe sekarang kita turun menuju ke kabut itu. Dan pas kesananya ketemu banyak banget orang yang sama naik hardtop / jeep , ada juga yang naik motor , jalan kaki , rameee banget pokoknya. Liat beberapa bule juga disana.


siluet bapak sopir yang nganterin kita 






lautan pasir di bromo 

Jadi FYI ya gunung bromo ini salah satu gunung yang masih aktif yang dijadiin tempat pariwisata dengan ketinggian sekitar 2.392 m dpl. Nama gunung bromo diambil dari bahasa sansekerta : Brahma , salah seorang dewa utama di hindu. Udah aku tulis sebelumnya kalo bromo ini letaknya di empat wilayah , yaitu probolinggo , lumajang , pasuruan dan malang (sumber : wikipedia) Di tengah - tengahnya ada pusat kawah yang horor banget sumpah , pertama kalinya liat kawah gunung ya di bromo ini :| tapi jangan takut ya kayaknya aku aja yang lebay hahaha. Oh iya karena masih aktif gunung bromo ini terakhir meletus tahun 2011 ( sumber : letusan 2011 ) Jadi buat kalian yang mau kesana jangan sampe kalian kesana pas meletus si bromonya , jadi cari-cari info tentang status bromo dulu , entah itu dia jomblo , lagi pedekate , dll hehe krik ya maaf gak jago ngelucu hahaha.

Lanjut aja ya tadi intermezzo dikit tentang bromo , sekarang kita lanjutin perjalanan ke bromo naik hardtop. Jadi pas turun udah nyampe lautan pasirnya kan dan ini emang beneran lautaaaaaaan soalnya pasirnya luaaaaaaaaaas banget , liat sana-sini isinya pasir , pasir , dan pasir. Pas kesana udah lumayan rame sama orang yang naik hardtop , naik kuda dan motor. Udah nyampe di parkirannya dan karena kita rombongan , kita mesti nungguin dulu temen-temen yang kebelet ke kamar mandi buat bareng-bareng berangkat kesana meskipun kenyatannya nanti berangkat sendiri - sendiri -__- Oh iya jangan takut rek kalo kalian kebelet karena ternyata ada kamar mandi meskipun antriannya panjaaaaaaang banget. Nah pas udah selesai nungguin temen yang ke kamar mandi kita berangkat jalan kaki ke bromo. Kita milih jalan kaki soalnya pengen ngerasain gimana rasanya jalan di lautan pasir , hmmm kayaknya gara-gara harga sewa kuda yang agak mahal juga hahaha. Oke -oke langsung cek beberapa foto dan video aja ya :




antri di kamar mandi 



banyak bangeeeeeet jeep / hardtopnyaaaa 





foto dulu sama temen :))




Eitsss ada nilai plusnya juga loh kita jalan kaki soalnya bisa puas-puasin foto-foto sama temen , sama bule juga haha. Minusnya sih karena anginnya kenceng banget jadinya pasir beterbangan kemana-mana. Aku sendiri waktu itu yang pake sepatu , padahal udah kenceng banget taliin sepatunya , sama udah pake kaos kaki tetep di kaki masih banyak pasir yang nempel. Kelilipan juga waktu itu karena gak pake kacamata. Oh iya hati-hati buat kalian yang jalan kaki karena banyak banget 'ranjau' kuda di jalanan -___-


ini foto sama bule dari belanda , anaknya lucu banget kayak yang nulis ini :p



gunung batok


lautan pasir :o






foto di gunung batok 


Udah jauh jalan kaki menuju anak tangganya , alhamdulillah akhirnya nyampe juga. Ini adabeberapa foto cek ya :



anak tangga bromo 



Nah udah bikin video itu kita naik satu-satu deh anak tangga yang ada disana. Jumlahnya  250, awalnya ngitung tapi karena kecapekan di jalan jadinya lupa udah nyampe hitungan keberapa hahaha. Akhirnya nyampe juga deh di atas :))



Mau cerita dikit gimana keadaan di atas gunung bromonya. Pertama banyak banget orang yang kesana. Hati-hati kalo udah nyampe di atas. Kalo gak hati-hati nanti nyemplung di kawahnya atau kepeleset jatuh ke bawah.Liat aja foto di atas , pegangannya tinggal kawat aja :| Kedua rasanya seneng banget pas di atas karena udah jalan jauuuuuuuh banget dan kebayar sama pemandangan yang subhanallah ciamik bangeeet nget nget.Mungkin ini yang emang dirasain tiap orang yang naik gunung. Rasa puas terbayar sama apa yang udah dilakuin. Kan sebelumnya udah jalan + naik ratusan anak tangga dan pas di atas rasanya seneeeeng banget. Rasa capeknya hilang, ganti sama muka yang melongo liatin keadaan sekitar yang emang keren banget. Oh iya di atas gunung ada yang jualan bunga edelweis atau yang dikenal sama bunga everlasting flower karena bunga ini yang awet banget. Banyak yang ngasih bunga ini ke pacarnya , istri atau suaminya karena melambangkan cinta mereka yang abadi ke pasangannya, sweet ya :3 eh tapi sekarang ini bunga edelweis termasuk bunga yang dilindungi karena populasinya yang terus-menerus mengalami penurunan karena ya itu diambil buat dijual :(

Ini ada beberapa foto pas udah di atasnya.


ada orang yang mau masuk kawah :O 


langit di atas bromo 


foto narsis lagi :))


kawah bromo 



penjual edelweis


Udah puas foto-foto akhirnya kita turun balik ke parkiran dan pas nyampe disana ternyata kita duluan yang nyampe -___- gak tau mesti ngapain sebenernya akhirnya karena ada kuda yang 'nggelibet' di sekitar kita dan temenku yang pengen naik kuda jadinya aku ikutan naik juga haha. Keliling bentar muter-muter parkiran sama naik kuda putih dan bayar sekitar 10 ribu.


ini video pas turun dari bromonya,anginnya kedengeran berisik banget :|




naik kuda putih 


otewe balik dari kawah bromo


Akhirnya abis muter-muter naik kuda ternyata rombongan udah ngumpul semua daaaaan kita balik deh naikhardtop ke tempat kita tuker mobil dan kita naik ke minibus elf kita menuju tempat selanjutnya , air terjun madakaripura. Nyesel belum sempet ke bukit teletubbies nya :(( Jadi cuma bisa baca + liatin fotonya dari artikel di internet.

q: kenapa kok namanya bukit teletubbies ?
a: ya karena mirip banget sama bukit yang kayak di teletubbies , bukitnya ditumbuhin sama rumput hijau , udaranya seger banget (sumber : teletubbies )

Oh iya di bromo ada satu suku namanya suku tengger. Nama Tengger sendiri diambil dari kata Rara anTeng dan Joko seGer. Jadi mau cerita dikit yaa , si Rara anteng ini jatuh cintah sama yang namanya joko seger. Rara anteng ini cantiiiik banget  , banyak bangeeeeet yang suka sama dia termasuk salah seorang penjahat sakti yang namanya kyai bima. Si anteng ini gak mau dong sama si kyai bima , tapi kayaknya kyai bima ini maksa banget si anteng buat jadiin dia istri. Akhirnya rara anteng menyanggupi dengan syarat mesti dibikinin lautan pasir dalam satu malam. Mungkin gini percakapan antara kyai bima sama Roro anteng :

B : Eh Rara anteng , cantik banget sih , nikah yuk ke KUA sekarang :3
R : Idih males amit-amit nikah sama situ
B : Eh jangan salah ya , aku ini sakti loh , gak percaya ?
R : Iyalah gak percaya , kalo mau ya bikinin deh lautan pasir di atas gunung semalem aja tapi ya GPL ( Gak Pake Lama) !
B : Oke beb aku bikinin , apa sih yang gak buat kamu mumumu :*

 Tapi ini kayaknya Rara anteng yang nyuruh bukan kyai bima yang maksa hahaha ya udahlah gak apa-apa ya :p

Nah akhirnya kyai bima bikin lautan pasir menggunakan tempurung dan hampir selesai loh dan karena mau selesai Rara anteng jadi galau , khawatir kalo jadi beneran dia bakal jadi istrinya si kyai bima padahal dia cintahnya sama joko seger. Akhirnya dia menumbuk padi, dan ayam- ayam yang lagi bobok manis kebangun trus ngira dia kesiangan akhirnya berkokok sekerasnya - kerasnya. Ternyata ini beneran ngecoh si kyai bima. Sebagai seorang penjahat sakti dia merasa gagal. Dia ninggalin pekerjaannya dan akhirnya berupa lautan pasir dan gunung batok. ( sumber : asal - mula nama tengger )

Oke btt , suku tengger ini sendiri berada di sekitar kawasan kaki gunung bromo , jadi mereka ini posisinya di empat kabupaten ,kabupaten malang , pasuruan , probolinggo , dan Lumajang. Sehari-hari mereka ngomong pake bahasa jawa. Dan mereka menganut agama yang diakui pemerintah , islam ,hindu, kristen , katolik , dan buddha dengan mayoritas masyarakat beragama Hindu. Nah yang bikin seru mereka punya satu upacara adat yang terkenal banget , namanya Hari Raya Yadnya Kasada atau upacara kasodo. Di upacara ini mereka melarungkan sesaji berupa hasil bumi dan ternak sebagai rasa syukur mereka kepada Tuhan tapi sebelum dilakukan larung sesaji sebelumnya sesaji itu dikasih mantra -mantra trus dilarung deh di kawah bromo. Upacara ini sendiri berlangsung tiap tanggal 15 bulan purnama di bulan kasada. Jadi buat kalian yang pengen banget liat upacara ini bisa langsung aja cari-cari info di internet kapan upacara berlangsung karena FYI upacara ini banyaaak banget yang liat. Dan orang hindu di Bali pun banyak yang dateng kesini buat  ngerayain upacara kasodo.


sumber : kasada


sembahyang di pura poten , sumber : pura


ringkasan singkat upacara kasodo ,klik gambarnya aja untuk memperbesar, sumber : kasodo



Selain upacara kasada ada juga ritual adat untuk :
1. kelahiran ( upacara sayut , cuplak puser , tugel kuncung)
2. Menikah ( upacara walagara )
3. Kematian ( Entas-entas )
4. Dan upacara-upacara lain yang berhubungan dengan siklus pertanian , mendirikan rumah , dll

Kearifan masyarakat suku tengger ini juga sangat mempengaruhi keadaan di sekitar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Jadi gini mereka sangat menghargai tanah yang mereka miliki. Merka punya keyakinan kalo tanah yang mereka punya itu warisan dari leluhur yang mesti dijaga , dirawat , dipelihara , dll karena berkat tanah tersebut mereka memperoleh hasil yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari . Menurut salah seorang dosen salah satu universitas swasta si Malang, kearifan orang Tengger menjaga lingkungan merupakan kunci kelestarian alam di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

"Orang tengger akan menanam dua kali lipat dari jumlah pohon yang ditebangnya" ungkap dosen tersebut.

Jadi ketika mereka menebang satu pohon mereka akan segera menanam dua kali lipat dari jumlah pohon yang mereka tebang. Kalo mereka nebang 2 ya berarti mereka akan menanam 4 , kalo 5 ya berarti 10 tanaman akan mereka tanam , dan seterusnya. Keren ya. Bayangin kalo semua masyarakat Indonesia punya prinsip seperti ini mungkin Indonesia akan jadi negara jamrud katulistiwa yang sebenarnya. Kemana-mana hijauuu semua *bayangin beneran* :))

Oh iya salah satu kekuatan suku Tengger menjaga dan merawat tradisi mereka adalah peran dari dukun adat. Mereka lebih memilih tidak ada kepala desa daripada tidak ada dukun desa. WOW. Ini tradisi yang beneran unik yang kayaknya cuma di Indonesia yang punya. Lagi bayangin juga ini semua wilayah di Indonesia punya tradisi ini , Indonesia bisa-bisa dipimpin sama seorang dukun *lagi bayangin lagi* :))

Dan saat ini ada 41 desa di suku Tengger yang memiliki 47 dukun. Dukun-dukun tersebut ada koordinatornya yang biasanya mimpin buat upacara-upacara besar seperti Kasodo.

Pihak pengelola dari TN-BTS selalu meminta pertimbangan kalo mau mendirikan bangunan atau memperbaiki bangunan yang rusak di kawasan yang jadi tempat suci orang Tengger. Seperti saat erupsi Gunung Bromo pada 2011 , Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru , Ayu Dewi Utari menunda perbaikan atau revitalisasi kawasan wisata setelah berkonsultasi dengan para dukun Tengger.

//Percakapan pak dukun dan bu ayu dewi ketika meminta ijin

Ayu : Pak dukun , sekarang saya mau memperbaiki kawasan wisata , menurut pak Dukun gimana ?
Dukun : Sebentar nak ayu , sepertinya kamu harus menunda perbaikan itu.
Ayu : Baik pak dukun , nanti kasih tau lewat wasap atau line aja ya kapan bisanya diperbaiki
Dukun : Oke deh

Kearifan lokal warga Tengger menjadi potensi wisata tersendiri loh , misalnya upacara adat yang jadi daya tarik wisatawan. Sebagai imbal balik , pihak dari Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru melibatkan orang-orang tengger untuk menjadi porter , pemandu lokal, penyedia homestay, tukang ojek , dll.
( sumber nama tengger , kasada , tentang tengger , kearifan lokal )

Jadi lagi-lagi Simbiosis Mutualisme  terjadi disini. Orang-orang tengger bisa mencari penghasilan untuk kehidupan sehari-hari dengan menjadi porter,pemandu lokal,tukang ojek , dll. Dan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru bisa memanfaatkan upacara-upacara adat yang dilaksanakan oleh suku tengger untuk menarik wisatawan datang dan berkunjung ke Bromo. Ini yang seharusnya dijadikan sebagai contoh oleh tempat-tempat wisata lainnya yang ada di Indonesia. Jadi kita tidak hanya menyediakan wisata-wisata yang keren untuk menarik wisatawan datang ke tempat tersebut , tapi alangkah baiknya kalo kita juga ikut membantu memberdayakan masyarakat sekitar tempat wisata agar kesejahteraan hidup mereka juga ikut bertambah baik.

Alhamdulillahirabbilaalamin udah selesai deh cerita tentang wisata ke bromo dan sedikit cerita tentang suku tengger , makasih ya yang udah baca, jangan lupa untuk selalu mengunjungi hidden paradise lain yang ada di Indonesia,bromo ini salah satu dari beberapa hidden paradise-nya Indonesia dan masih banyak banget hidden paradise yang tersimpan dan bahkan ada yang belum terjamah oleh tangan manusia di negeri kita tercinta ini , akhir kata happy travelling  :))

Oh iya postingan ini dibuat buat ikutan lomba yang diadain sama Daihatsu Indonesia , yang belum ikutan jangan lupa untuk berkunjung ke website Daihatsu , dan like fanpage facebook daihatsu  , dan follow twitter @DaihatsuInd dan @VIVA_log





2 comments:

  1. Haloo Vloggers,

    Saya putri dari VIVAlog, meminta biodata lengkap lomba blog "Jelajah 7 Keajaiban Nusantara" #terios7wonders berhubung email masuk banyak dan mungkin ke skip jadi di minta untuk mengirim data lagi dengan Subject : DATA LOMBA BLOG TERIOS7WONDERS (CAPSLOCK) , sebagai berikut:

    Nama lengkap:
    Username VIVAlog:
    Alamat lengkap:
    No Hp:
    Link Blog:

    kirim ke email: putri.megasari@viva.co.id

    Karena hari ini adalah hari penjuarian, diminta untuk secepatnya mengirim data.


    Regrads,
    Putri

    ReplyDelete