Backpacking ke jogja :))

Sunday, August 04, 2013 Imama Lavi Insani 14 Comments





Ide awal buat jalan - jalan ke jogja ini buat ngisi waktu liburan kakak kelas yang lagi UN , jadi sekitar 2 tahun lalu pas aku kelas 11 SMA. Udah agak remang-remang juga ini gimana detail ceritanya , ya pokoknya simak aja ya mungkin ada yang gak urut ini ceritanya hehe :p

Oke buat berangkat ke sana kita udah booked tiket kereta api buat orang ber 5 eh eh tapi ternyata salah satu dari kita gak jadi ikut karena *gak tahu lupa kenapa* hehe akhirnya kita ber 4 fix berangkat ke jogja dari gubeng gak dari st.sidoarjo ( karena FYI kereta sancaka pagi berangkatnya dari gubeng ) tapi sebelumnya kita kumpul dulu dirumah temen trus akhirnya berangkat bareng ke gubeng.

Ini foto tiketnyaaaa yang kereta bisnis dulu harganya 60k 


Mau jelasin dikit kereta yang bisnis ini gimana keadaannya. Dari segi kenyamanan yaa lumayan laah.. meskipun gak empuk-empuk banget yaa standar kursi di kereta lah gimana kalo mau yang empuk banget bawa sofa sendiri aja kali ya haha trus ada kipas anginnya di atas tempat duduknya. Gak tau lagi sih kalo yang sekarang gimana , itu yang dulu kayak gitu keadaanya. Trus juga bersih , nyaman lah pokoknya. 

ini foto keadaan dalemnya gimana , jadi bisa hadep-hadepan kursinya itu , awalnya aku sama temenku bingung gimana tapi akhirnya bisa diputer-puter, keliatan kan temenku yang pake baju item hadap ke kamera hehe :p


pemandangan dari luar kereta lumayan keren loh , jadi buat kalian yang pengen ngeliat pemandangan sawah ijo-ijo yang luaaas banget , pengen tau rasanya lewat rel yang diapit sama bukit , atau pengen ngeliat hutan jati mending pilih perjalanan kereta yang pagi tapi kalo emang lagi pengen istirahat ya udin pilih sore atau malem aja , ini salah satu penampakan foto pemandangan dari dalem kereta 


Lupa nih sampe ke jogjanya jam berapa yang pasti sorean gitu trus naik taksi kalo gak salah ke rumah saudaraku. Kita berencana buat nginep di rumah saudaraku , tapi karena sesuatu hal kita gak jadi nginep disana selama beberapa hari ke depan cuma nginep semalam aja abis gitu move on ke hotel temennya papanya temenku ( mbulet yaa hehe :p ) tapi alhamdulillah semua biaya buat penginapan gratis hehehe. 

Oh iya habis nyampe di rumah saudaraku kita istirahat bentar dan ngelanjutin jalan-jalan ke malioboro naik becak gitu.Oh ya FYI naik becak di jogja emang murah sih sekitar 5k gitu tapi kalo kemana-mana ngeluarin duit 5k yaa lumayan boros juga yaa jadinya kita kalo gak terlalu jauh mending jalan-kaki ! Backpacker banget kan , jalan kaki kemana-mana hahahaa :)) Oke Cek foto-fotonya di bawah ini yaa pas di malioboronyaa ...



Ini dari depan namanya luna trus acha trus aku deh :))


trus ini dari depan lagi namanya nisa , acha trus aku lagi deh hahaha :))



Ini lagi OW bgt waktu itu sekitar 60 kg ++ hahaaha ini di depan bank BNI perempatan di malioboro 


Abis muter - muter malioboro laper nih ya ceritanya , aku sendiri pengen makan yang jogja bangeeet gituuu hahaha akhirnya muter-muter di PKL nya malioboro nemu ini nih 


lumayan murah kan ?? Udah ala-ala Backpacker gitu kan kita ? makan di pinggir jalan gak di restoran atau makan yang mahal-mahal gitu hahaha . Akhirnya aku milih makan LOTEK + Es Teh !! Pengen tau apa itu lotek ? liat ini deh


Jadi mirip kayak pecel gitu yang bikin beda varian dari sayurnya , lebih banyak ada taogenya kalo gak salah trus ada lontong ,  krupuk , eh iya ini bumbunya juga gak sehalus pecel , agak kerasa banget gitu kacangnya , Nyesssss banget pokoknya rasanya hehe. 

Habis dari makan kita ke mal malioboro. Ini mal nya lumayan kecil tapi isinya lengkap banget! Branded semua di dalemnya dan pengunjungnya juga banyak bulenya gitu. Aku sama ketiga temenku milih ke mcd sama duduk istirahat ngilangin capek abis belanja muter-muter di malioboro. Trus aku sempet sholat maghrib juga pas disini. Tempat sholatnya kayak di basement gitu susah banget nyarinya , nanya satpam-satpam juga. Oh iya di dalem mal ini ada satu outlet dari dagadu asli ! *gak nyantai soalnya hampir ketipu * hehehe

Jadi ini tips buat kalian yang jalan-jalan ke jogja. Pas kalian minta tolong ke tukang becak minta di anterin ke dagadu kayaknya sebagian besar dari kalian bakal dianterin ke tempat kayak gang gitu isinya tempat-tempat orang jualan baju yang tulisannya dagadu asli , dagadu original , bla bla bla .... padahal ya sebenernya gak asli yang disana. Bisa diliat dari kualitas baju yang kalian beli , agak tipis gimana gitu kan , cuma yang bikin asik itu tulisan-tulisannya. Kreatif banget menurutku. Jadi yang asli itu adanya di mal malioboro sama dimana gitu lupa hehehe. Dari segi kualitas emang beda ya trus harganya juga lumayan jauh beda banget hahahaa. Tapi di outlet asli ini ada macem-macem merchandise yang jogja banget loh. Dari tas , mug apalagi ya lupa :))  Buat kalian yang emang niat awal pengen beli kaos atau oleh-oleh yang jogja banget tapi isi dompet pas-pasan aku nyaranin ke gang itu tadi :))

Q : Kok bisa kayak gitu tukang becaknya ? nganterin ke tempat yang salah padahal bilangnya udah jelas banget ke dagadu yang asli ? 

A : Jadi gini *benerin jilbab* di jogja yang notabene pengunjungnya seabrek banget apalagi pas peak season kayak liburan sekolah atau apalah itu ada suatu hal yang menurutku baru banget. Jadi pemilik pusat oleh-oleh macam gang tadi yang aku sebutin punya kesepakatan sama tukang becak yang notabene jadi transportasi umum yang banyak banget dimanfaatin sama wisatawan buat jalan-jalan di sekitar jogja. Kesepakatan itu gini , jadi tiap penumpang yang beli di toko mereka , si tukang becak bakal di kasih poin atau apa gitu gak paham hehe trus di akhir tahun atau pada saat tertentu poin nanti diundi atau dikalkulasi *lupa* gitu trus tukang becak bakal dapet doorprize. See , mereka bener - bener kreatif banget kan buat bareng-bareng kerjasama majuin pariwisata di jogja. Jadi si pemilik toko dapet pelanggan dari tukang becak yang nganter kesana dan tukang becak dapet doorprize kalo pelanggan beli sesuatu di toko mereka . SIMBIOSIS MUTUALISME berlaku disini ! Ini pelajaran IPA SD kan , bener-bener pinter banget deh orang-orang jogja ini bisa nerapin mata pelajaran SD di kehidupan sehari-hari yang entah mereka sadari atau gak , Salut banget sama mereka :))

Oke oke btt tadi nyampe mal malioboro ya , habis dari mal malioboro kita pulang trus istirahat karena besoknya kita mau move on ke penginapan yang baru + jalan jalan lagi meen :))

skip skip tidurnya hehe

Keesokan harinya kita udah siap-siap buat pindah + ijin dulu ke saudaraku buat pergi sekalian pamitan pulang hehe. Pas mau pulang ini kita dikasih makan yang bener-benr Jogjaa bangeeeet lagi hahaha apalagi kalo buka BUDEG eh GUDEG  :v gak ada fotonya tapi rasanya bener-bener Nyesss banget , makan GUDEG di kota asalnya bener-bener asik banget lohhh , udah manis trus nangka mudanya juga nyaaam banget pokoknya hehehe. 

Setelah makan kita pamit + dikasih tau cara ke hotel museum batik(kalo gak salah) ini gimana. Jadi naik bus trus bilang ke sini sana bla bla bla ... setelah sedikit mudeng sama penjelasan saudaraku kita naik bis buat ke hotel itu. FYI aja ya , di jogja ini bis nya lewat jalan-jalan kecil juga loh jadi beda sama di kota-kota lainnya yang cuma lewat di jalan-jalan gede aja. Abis tanya sama kernet bis kita diturunin di jalan trus katanya tinggal jalan dikit trus nyampe hotelnya. Dan disini petaka terjadi -___-

Jalan yang dimaksud ini ternyata jauuuuuuuuuuuuuuuuh nya pake bangeeeeeeeeeet jadi aku kasian sama temenku yang ngangkat koper yang berat bangeet. Mungkin definisi deket + bentarnya orang jawa timur sama jogja beda kali ya :(( akhirnya kita naik becak buat kesana yang emang letaknya lumayan jauh loh meskipun naik becak. Akhirnya nyampe di hotelnya , kita langsung istirahat dan malemnya aku sama nisa jalan-jalan so sweet berdua gitu ke malioboro lagi. Soalnya temenku yang 2 lainnya gak mau diajak jalan-jalan soalnya bete duitnya abis ( kita semua sih haha ) hahaha tapi meskipun dompet makin tipis kita mesti tetep jalan-jalan meeeeen :)) rugi pake banget kalo ke jogja cuma buat tiduran aja di hotel hehe. Cek beberapa foto jalan-jalan so sweet kita deh haha 

Ini foto benteng Vredeburg , belum sempet kesini :((


Beli lolipop beracun yang bikin batuk-batuk dikit :((


Kreatif banget orang jogja ini muralnya bener-bener jogjaaa bangeeet , pengen gitu di semua kota di Indonesia muralnya digambarin pake gambar-gambar yang khas dari kota itu , jadi biar gak gambar-gambar aneh yang kayaknya hanya pelukis dan Allah yang tau maksudnya apa -__-


Ini foto kantor pos kalo malem


Oh iya pas jalan-jalan so sweet ini aku sama nisa juga sempet beli sego kucing yang emang khas banget di jogja. Dari namanya sebenernya udah bikin fobia kumat -__- iya kucing , tapi ini nasinya ( segonya ) bukan nasi sisa makanan kucing atau nasi yang dibentuk mirip kucing bukan juga kita makan sama dikasih bonus kucing , bukan! jadi ini nasi porsinya aja yang dikittt banget mirip sama apa yang dimakan kucing , kan kucing kalo makan yang sisa - sisa gitu , yang dikit - dikit gitu , yang kasian-kasian gitu *abaikan* hehehee 

Akhirnya aku beli beberapa bungkus sama tahu apa tempe bacem gitu , enaaak banget gitu hahaha trus akhirnya kita balik deh ke hotel , eh iya ini foto kamarnya.


Keesokan harinya kita bangun trus siap-siap jalan - jalan lagi hahahaa sebelumnya kita makan dulu udah disiapin ternyata hehe mayan ngirit duit ya :))

Hari ini kita berencana buat ke prambanan naik trans jogja. Akhirnya naik becak dulu buat ke shelter trans jogja trus naik ini deh hehe 
Ini foto rute trans jogja


Ini nih trans jogja 


Lupa berapa lama dari shelter bisnya ke prambanan. Oh iya ini beneran recommended transportation buat ke prambanan. Cuma dengan 2 ribu kalian bisa nyampe ke prambanan tanpa harus susah susah nyari angkot atau kendaraan umum lainnya. Di trans jogja ini ada penjaga pintu bisnya kok jadi buat kalian yang takut salah arah atau tak tahu arah jalan pulang cieeeeeh butiran debu banget hahaha bisa banget kalian tanya ke petugasnya atau ke orang-orang jogja yang naik bisnya. Kalo nanya nya sopan + baik-baik insya Allah dijawab kok kecuali yaa orang yang kalian tanya lagi pms atau emang bukan orang jogja hahahaha *krik ya* -___- 

Alhamdulillah nyampeee deh kita di prambanan. Shelter bisnya beneran deket banget sama prambanan. Ini beneran deket kok :)) Langsung cek foto - foto ini deh yaaa 





relief di prambanan


narsis dikit heheehe









Banyaaak banget candi di sini hahaha eh iya ada minum gratis loh di sini buat pengunjung :))


candi lagi :))




Oh iya ada cerita seru di prambanan ini. Waktu kita keluar dari kompleks candi kita bakal lewat sama yang namanya pasar. Yang dijual ya hampir sama kayak di malioboro yang bikin beda harga disini lumayan murah dan gak perlu nawar lagi kayak di malioboro.Jadi langsung harga pas yang emang 'pas' banget :)) Udah puas di prambanan , akhirnya kita balik ke hotel naik trans jogja lagi

skip skip skip 

Keesokan harinya , hari terakhir di jogja :(( awalnya kita bingung mau kemana , akhirnya atas usul temen kita ke Plengkung Gading. Artis -artis ftv sering banget gitu katanya ambil tempat shooting disini. Oke deh kita ke sini. Jadi Plengkung gading itu kayak pintu gerbang buat masuk ke kraton dari arah selatan gitu. Cek langsung foto-fotonya yaa





Habis foto-foto di plengkung gading kita menuju ke ALKID alias ALUN-ALUN KIDUL. Di sini terkenal banget sama 2 pohon beringin yang berdiri di tengah-tengah alun-alun yang konon katanya kalo berhasil jalan ke tengah-tengah pohon sama ditutup matanya nanti jodohnya bakal deket. Aku sendiri males banget ya yang gini-gini , jodoh udah ada yang ngatur bukan dengan kita lewat ke tengah-tengah pohon hahaha eh tapi salah satu temenku penasaran banget dan akhirnya nyoba , dan diaaa berhasil hahaha selamat lunaa..


Panas banget pas disana akhirnya kita mutusin buat pulang sekalian siap-siap balik ke sidoarjo :((
sekitar jam 10 apa 11 gitu kita pulang ke sidoarjo naik bis. Jadi kita emang langsung ke terminal gak pake pesen-pesen tiket dulu soalnya waktu itu kita mau pesen tiket buat balik naik kereta eh abis ternyata ya udin naik bis aja dan Alhamdulillah dapet :)) sekitar 60 k juga kayaknya naik bis sama dapet bonus makan hehe mayan :))

ini waktu dari jogja pulang ke sidoarjo sekitar 9 jam



Okeee sekian cerita jalan-jalan ala-ala backpacker gitu ke jogja haha buat referensi kalian juga sih kalo mau liburan kesana :)) yang pasti salah satu tempat jalan-jalan sama temen yang asik + gak mahal yaa jogja ini , kecuali kalo jalan-jalan kalian udah ikutan paket wisata yaa beda ya hehe. Sekian, Wasaalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh :))


14 comments:

  1. tiket prambanannya masih 30 ribu gak mbak.
    terus hotel nya dimana tuh alamatnya, tarifnya berapa?
    deket malioboro ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah mbak maaf saya lupa , kayaknya sekitar 30 rb an mbak , hotelnya namanya hotel batik deket sama malioboro mbak , waktu itu gratis mbak soalnya punyanyanya temennya papanya temen saya mbak (maaf mbulet ) hehe :))

      Delete
    2. Duh, jadi kangen jogja :D nggak ke candi ijo? Pemandangannya cakep dari sana :d

      Delete
    3. wah pas kesana belum tau candinya :((

      Delete
  2. Kalo bisa murah kenapa harus mahal?

    Cukup Rp 100.000- Anda dapat menikmati keindahan Jogja bersama kami.

    Bersama Wisata murah jogja Anda akan kami ajak mengelilingi Kota Jogja dengan hanya Rp 100.000,-. Tidak mahal untuk menikmati eksotisme kota Jogja yang penuh dengan nuansa sejuk, damai, dan kuat dengan kultur Jawa nya. Anda akan kami ajak mengunjungi Anda akan kami ajak menuju Kraton yaitu tempat kediaman Raja yang juga merupakan bangunan bersejarah yang merupakan istana dan tempat tinggal dari Sultan Hamengku Buwana dan keluarganya ini berdiri sejak tahun 1756. Anda akan kami ajak menikmati keindahan adat istiadat dan budaya di Kraton Yogyakarta. Anda dapat menikmati keindahan masa lalu melalui arsitektur bangunannya, Anda juga dapat menikmati kesenian tradisional yang disajikan setiap harinya di Bangsal Manganti.Setelah dari Kraton Jogja anda akan kami ajak menuju Tamansari, Taman sari adalah bangunan disebelah barat kraton. Tamansari adalah bangunan istana air yang pada masanya berfungsi sebagai tempat rekreasi, pesanggrahan dan juga sebagai benteng pertahanan Keraton Yogyakarta. Di Tamansari ada beberapa lorong -lorong bawah tanah yang kini sering digunakan untuk pengambilan gambar, di Tamansari juga ada kolam pemandian yang dulunya digunakan sebagai tempat mandi selir-selir raja.Selanjutnya bersama wisata murah jogja Anda akan kami ajak mengunjungi Kotagede. Sebuah kota kecil yang khas akan nuansa budaya Jawa nya. Disini Anda akan kami ajak mengunjungi proses pembuaan perhiasan perak. Anda juga dapat membeli perhiasan perak sebagai cinderamata khas dari Kotagede. Setelah itu Anda kami ajak menuju Pantai Parangtritis, Pantai yang terletak di ujung selatan kota Jogja. Disini Anda dapat menaiki delman sambil menikmati suasana tepi pantai. Di Pantai Prangtritis juga ada yang menyewakan atv untuk menyusuri pinggir pantai. Setelah itu Anda kami ajak untuk menuju pusat oleh-oleh untuk berbelanja.


    Harga Paket Wisata:

    Start mulai Rp 100.000,-

    Harga Sudah Termasuk :

    Transportasi beserta Driver yang ramah dan berpengalaman
    HTM di seluruh obyek wisata yang terlampir
    Parkir

    Harga Belum termasuk:

    airport tax
    biaya pengeluaran pribadi
    fee tl, driver (optional)
    makan driver


    Jika Anda Tertarik dapat langsung menghubungi:
    call +62 274 6688111
    whatsapp +62 8985101301
    BBM 32736b63

    ReplyDelete
  3. Dayu Mas TOur | Tour & Travel | P. Sidokare Asri QQ.2 - Sidoarjo

    Kami melayai :
    1. Tour perjalanan wisata / study tour ( instansi, komunitas, sekolah, dan pribadi ) ke seluruh jawa & bali
    2. Tour Adventures ( rafting, hiking & senorkling )
    2. Persewaan ( Efl short / long, Bus Pariwisata )
    3. Pemesanan tiket pesawat.

    **
    - Konsultasi perjalanan gratis.
    - Tentukan wisata sesuai degan buget.
    - Tidak ada jumlah minimal peserta.


    Hubungi kami di :
    Tlp. 081235618281
    Pin. 54E0B852
    www.dayumastour.com

    ReplyDelete
  4. Izin share semoga bermanfaat

    RENTAL MOTOR JOGJA
    WA : 087839793900 - 081578889950
    BBM : 570CD53E | 574092B2
    ID Line : andiesmotor | andiestrans
    Instagram : rentalmotorjogja
    twitter: @rental_motor

    www.rentalmotorjogjakarta.com

    ReplyDelete
  5. Izin share semoga bermanfaat

    RENTAL MOTOR JOGJA
    WA : 087839793900 - 081578889950
    BBM : 570CD53E | 574092B2
    ID Line : andiesmotor | andiestrans
    Instagram : rentalmotorjogja
    twitter: @rental_motor

    www.rentalmotorjogjakarta.com

    ReplyDelete
  6. Dear Ms. Imama,

    Allow me to introduce my self, my name is Gilang. I saw one of your article and must say that i am very impress

    with a really well taken picture's and choices of word's you use, it is very elegantly well written.

    Have you ever think about letting the world read your blog? If you are interested, please reply to this email to know more

    gilangrilhami@decoumon.com
    (Available in Indonesian)

    ReplyDelete
  7. ijin mau ngeshare ya kali aja yang butuh agen tour and travel ke yogyakarta, bromo, lombok, bali, wisata lokal maupun internasional buka aja websitenya di www.sumitratour.com yaa

    ReplyDelete
  8. Yuk Kak liburan Lagi Menikmati Indahnya Kota Jogja Dengan Berbagai Destinasi Wisata Yang Terbaru Tentunya.

    Kami VICTOR WISATA Melayani :
    - SEWA MOBIL/ELF/BUS
    - PAKET WISATA/FAMILY GATHERING
    - JASA PEMANDU WISATA
    - RESERVASI HOTEL
    - SEWA HOMESTAY
    - WISATA JEEP MERAPI
    - WISATA SEPEDA KELILING DESA

    Reservasi VICTOR WISATA :
    Telepon/SMS/Whatssap : 081915537711 (XL)

    Telepon/SMS : 082137676966 (TELKOMSEL)

    PIN BBM : D283472C – 51843E1D

    Instagram : victor_wisata

    Webbsite : www.victor-wisata.com


    Sewa Mobil Keliling Jogja Tarif Mulai Rp. 450.000 (Include : Mobil+BBM+Driver)

    ReplyDelete