Lombok , Kecil Pulaunya , Pedes Pemandangannya [1]

Monday, November 18, 2013 Imama Lavi Insani 2 Comments

Sekitar sebulanan yang lalu gak tau kenapa aku pengen banget liburan ke Lombok , akhirnya liat kalender pas natal ada libur agak panjang akhirnya mutusin ke Lombok tanggal 25 - 29. Tapi pas ngomong ke Bapak , Bapak bilang kalo dimajuin aja pas libur Idul Adha. Langsung kaget awalnya denger itu , belum ada persiapan sama sekali tapi dengan berbagai pertimbangan langsung mengiyakan tawaran itu. Abis itu langsung searching harga tiket pesawat tanggal 12 di maskapai penerbangan Ijo. Hmm lumayan agak mahal pas berangkatnya soalnya pas weekend juga tapi pas baliknya agak murah, kalo diitung-itung ya standar harganya segitu emang. Akhirnya aku beli tiket di kantor resminya maskapai Ijo di Jl.Karimun Jawa. Alhamdulillah , persiapan pun dimulai dari hari itu.

Karena lagi sibuk kuliah juga akhirnya persiapan kesana minim banget. H-2 baru nyiapin apa aja yang mesti dibawa , searching pantai-pantai yang keren apa , dll. Akhirnya sabtu pagi jam 4.00 am berangkat dari rumah dan sholat subuh di rest area Tol. Dan kalian tau apa yang terjadi ? NYAMPE DI BANDARA UDAH LAST CALL. Akhirnya lari-lari ke gatenya dan nyampe di bus yang nganter ke pesawat sama ngos-ngosan. Alhamdulillah gak ditinggal :)) dan akhirnya langsung menuju ke tempat duduk sesuai sama yang ada di tiket pesawat.







Dan ini yang gak asik banget. Kan sendirian jadi mau gak mau mesti bagi tempat duduk sederet sama orang yang belum kita kenal , nah aku sederet sama pasangan suami istri muda atau mas mbak pacaran gak jelas statusnya mereka apa yang pasti ada cowok cewek yang pas take off atau landing pegangan tangan sama merem berdua bzzzz bangettt -______- Padahal aku sebenernya paling seneng kalo udah duduk sama orang yang belum dikenal trus kenalan ngobrol apapun topiknya , tapi kalo udah duduknya sama pasangan kayak gitu yaaa akhirnya sekitar 50 menit perjalanan Surabaya Mataram cuma bisa baca majalah gratis yang disediain dan aku bacanya sampe beberapa kali soalnya bosen banget gak ada yang bisa diajak ngobrol.


kursi yang paling depan


majalah citilink 





Oke deh ya daripada kelamaan cerita yang lain-lain langsung aku kasih rundown (kebiasaan jadi sie acara di kegiatan kampus jadinya sampe bikin rundown buat liburan :p) selama hari pertama ya, cek it out guys :
Oh iya ini waktunya udah masuk WITA (Waktu Indonesia bagian Tengah) jadi kurangin 1 jam buat jam WIB nya

8.10 - 9.10     : Perjalanan dari bandara ke Mataram
9.10 - 10.00   : Istirahat + makan di rumah saudara
10.00 - 10.18 : Perjalanan ke kos mbak
10.18 - 11.00 : istirahat di kos mbak
11.00 - 11.30 : ganti oli motor di bengkel
11.30 - 12.07 : Perjalanan ke bukit Malimbu lewat senggigi
12.07 - 12.36 : Di bukit Malimbu
12.36 - 13.06 : Ke pantai senggigi
13.06 - 13.50 : Balik ke Mataram sama beli oleh - oleh
13.50 - 16.00 : istirahat
16.00 - 17.00 : Jalan - jalan ~
17.00 - 21.06 : ke rumah saudara
21.06 - 22.00 : ke Mataram Mall

Sekarang ceritain satu - satu yaaaa :

8.10 - 9.10     : Perjalanan dari bandara ke Mataram

Butuh waktu sekitar sejam buat perjalanan dari bandara LOP (LOmbok Praya) ke Mataram. Pas keluar dari bandara langsung disambut sama mbak + tante yang manggil - manggil. Langsung cuss dibantuin ngangkat oleh-oleh titipan dari keluarga di Sidoarjo(foto). Kesan pertama pas keluar dari Bandara , ini bandara apa kuburan , sepiii haha padahal ini bandara internasional loh tapi sepi bangett. Abis jalan ke parkiran langsung naik ke mobil menuju ke mataram. Dan pas keluar dari bandara jalanannya sumpah sepiiiiiiiiii banget . Aku ngira kalo ini jalan tol eh ternyata jalan raya buat umum .___.


pas baru nyampe langsung disambut sama tante(kiri) + mbak(kanan) 





sepi banget jalanannya

Pas di mobil aku ngobrol - ngobrol sama tante + mbakkku , tanteku bilang kalo orang Lombok kao nanya tempat tanyanya : " sebelah mananya masjid ... ?" soalnya kata tanteku disini ada kurang lebih ada 3000 masjid. WOW banget kan. Oke oke akhirnya nyampe juga di rumah tanteku.

9.10 - 10.00   : Istirahat + makan di rumah saudara

Pas udah nyampe langsung disambut sama suami + anaknya tanteku dan satu lagi yang selalu menyambutku dimanapun berada , KUCING -_______- banyak banget kucing di rumah tanteku ini , emang katanya gak pelihara kucing tapi kucing tetangga yang suka main ke rumah tanteku. Oke skip skip masalah kucing lanjut cerita lagi. akhirnya tanteku masakin buat sarapan yang kebetulan banget soalnya aku belum sempet sarapan.

10.00 - 10.18 : Perjalanan ke kos mbak

Abis makan lanjut ke kosnya mbakku naik jupe ( jupiter z maksudnya hehe). Jadi selama di mataram aku naik jupe ini. Ternyata gak jauh - jauh banget kosnya mbakku ini dari rumah tanteku.

10.18 - 11.00 : istirahat di kos mbak

Jam 10.18 nyampe di kosnya mbakku langsung loncat ke tempat tidur haha. Enak banget soalnya kosnya , ada tv , km dalem , beda banget sama kosku bzzz -___-

11.00 - 11.30 : ganti oli motor di bengkel

Akhirnya sama istirahat aku ngerencanain hari ini kemana aja sama mbakku. Akhirnya diputuskan hari ini kita ke bukit Malimbu sama pantai Senggigi :)) Langsung aku sama mbakku siap-siap tapi sebelumnya dapet amanah dari bos besar (bapak) buat ganti oli motor sebelum dipake jalan-jalan soalnya udah waktunya buat ganti oli. Sekitar jam 11 kita keluar kamar kos trus ke bengkel

11.00 - 11.30 : ganti oli motor di bengkel

Setelah muter-muter kota Mataram yang mbakku juga gak hafal tempat bengkel dimana tapi untung ibu kosnya mbakku baik banget ngasih tau bengkel yang dimaksud dimana. Akhirnya kita kesana dan Voila !! Pemilik bengkel adalah orang asli KEDIRI hahahaha akhirnya yang awalnya ngomong bahasa Indonesia dengan logat (mekso) orang lombok (ini mbakku yang mekso menurutku haha :p) kita ubah bahasa jadi bahasa jawa :)) Oh iya kok bisa tau orangnya dari kediri , awalnya pak bengkel ngomong gini :

bengkel : mbak dari jawa ya ?
mbak : iya pak
bengkel : ini dari purwosari ya mbaknya
mbak + aku : (syok sama melongo haha)
mbak : oh bukan pak saya dari sidoarjo
bengkel : oh sidoarjo , aku asli kediri loh mbak tapi 16 tahun gak pulang , di sini terus
mbak : lah kok bisa pak dari kediri kesini ?
bengkel : jadi gini mbak ceritanya , saya dulu kuliah dulu di sekolah pariwisata di Bali , Saya dulu kerjanya di hotel loh mbak , saya pernah dikirim ke korea beberapa tahun .(Trus bapak bengkel ini ngomong beberapa bahasa korea dan mbakku ikut ngomong juga , jadi setting bengkel di mataram berubah jadi bengkel di seoul -___- aku yang gak ngerti mereka ngomong apa akhirnya liatin foto bapaknya pas di korea. Cie abis kerennya :O ).
Aku lupa ini kenapa bapaknya gak kerja lagi di hotel kalo gak salah pengen wirausaha , akhirnya bapak bengkel ini kerja jadi montir di lombok dan ketemu sama seorang cewek yang akhirnya beliau nikahi dan akhirnya 16 tahun belum pulang kampung ke kediri.
bengkel : Aku ini meskipun kerja di bengkel tapi anak-anakku tak ajarin bahasa inggris loh mbak sama bahasa korea , jadi jangan ngeremehin orang bengkel kayak saya hahaha

Akhirnya pas bayar kita dapet diskon gak usah bayar ongkos buat benerinnya jadi cuman beli olinya aja , asik ya kalo lagi jauh dari rumah , perantauan gitu , trus kenalan sama orang yang dari daerah yang sama akhirnya bisa dikasih "bantuan" berupa apapun :))

11.30 - 12.07 : Perjalanan ke bukit malimbu

Perjalanan ke bukit Malimbu ini lewat pantai senggigi trus jalannya naik turun bukit , belokannya ada beberapa yang tajem banget yang langsung perbatasan sama laut , tapi pemandangannya keren banget solnya ya itu tadi perbatasan sama laut , apalagi aku naik motor jadinya tambah asik banget :))



ada bule yang sepedaan di senggigi :))






12.07 - 12.36 : Di bukit Malimbu

Jam 12.07 WITA aku sama mbakku nyampe di bukit malimbu langsung parkirin sepeda motor di deketnya orang jualan es degan. Trus naik tangga kecil ke bukitnya. Tiba-tiba ada ibu-ibu agak tua ngikutin kita. Kata mbakku itu orang jualan es degan tapi jualnya agak aneh. Jadi nanti es degannya kita dikasih buahnya yang gede itu gak pake gelas , jadi langsung diminum dari buahnya :|

Oh iya dari bukit malimbu ini keren banget pemandangannya bisa liat laut yang warnanya biruu banget , langsung cek foto di bawah ini aja ya :



lautan yang biruuu banget 


ini bukit yang menjorok ke laut , kereeen :))



jernih banget airnya 








jempol banget pemandangannya :)) (tulisan bagian ini diubah November, 2017)



jerniiih banget air lautnya :))


12.36 - 13.06 : Ke pantai senggigi

Puas di bukit malimbu karena lagi deket pantai senggigi langsung aja kita ke pantainya. Oh iya kebetulan ombaknya lagi gede banget jadi cuma duduk - duduk aja di pantainya. Dan gak lama akhirnya pulang








13.06 - 13.50 : Balik ke Mataram sama beli oleh - oleh

Waktu mau balik ke kos inget banget mau beliin oleh-oleh buat temen, akhirnya sama mbakku langsung ke tempat pusat oleh-oleh di mataram , tempatnya ini aku lupa namanya ( emang gak nanya sih hehe ) Aku beli gantungan kunci , beberapa kaos sama gelang.

13.50 - 16.00 : istirahat

Selesai belanja oleh-oleh langsung balik ke kos mbakku dan langsung tiduuuuurrrr :))

16.00 - 17.00 : Jalan - jalan ~

Pas bangun ngeliat jam eh ternyata udah jam 4 sore , dan karena perut belum keisi apa-apa dari siang langsung jalan-jalan nyari makan dan akhirnya makan mie ayam hijau yang pemiliknya orang jawa :)) Tempat makan ini lumayan rame , harga mie nya juga lumayan murah kok.

Oh iya sambel di sini pedessssssss banget , mbakku udah bilang kalo pedes banget tapi karena penasaran aku ngambil beberapa sendok dan alhasil keringat keluar banyak banget kayak orang habis lari marathon sama mulut megap-megap kayak mulutnya ikan koki (jangan dibayangin gimana soalnya aneh banget pasti haha)
Jadi saranku kalo lagi di Pulau Lombok pas mau ambil sambel dicoba setengah sendok dulu , karena skala pedes lombok sama jawa beda bangett

17.00 - 21.06 : ke rumah saudara

Pulang dari jalan-jalan nyari makan aku balik dulu ke kos dan abis sholat maghrib ke rumah saudaraku , ngobrol-ngobrol , makan , dan karena aku pengen muter-muter kota mataram akhirnya diajak ke Mataram Mall.

21.06 - 22.00 : ke Mataram Mall

Ini udah malem banget sebenernya , tapi kita tetep berangkat kesana. Anaknya tanteku yang punya temen banyak di rumahnya ngajakin temen-temennya dia buat ikutan juga. Jadi satu mobil rame banget sama anak-anak cowok yang masih kecil-kecil Padahal ibed (anaknya tanteku) udah SMP Kelas 7 tapi mainnya sama anak kelas 2 SD -____-

Perjalanan ke mataram Mall gak terlalu  lama soalnya jaraknya emang lumayan deket. Pas udah nyampe langsung tanteku parkirin mobil di samping jalan bukan di parkiran mobil.Pas Aku nanya " emang boleh parkir disini ? " Soalnya itu deket banget sama pos polisi aku takutnya ditilang atau diapain sama polisinya eh ternyata tanteku bilang santai aja. Mbakku juga bilang " anak ini pertanyaannya kayak aku pertama kali kesini " Trus mbakku sama tanteku ketawa-ketawa , karena bingung akhirnya aku diem aja. Dan emang di situ polisinya gak marahin atau nilang , dibiarin aja. Akhirnya kita langsung ke Mallnya.

Di dalem Mall ini ada 4 lantai. Lantai ke empat tapi parkiran mobil sama tempat futsal dan tempat bermain keluarga semacam Time Zone. Ibed yang kayaknya udah sering banget kesini langsung lari ke lift dan pergi ke tempat bermain tadi. Aku yang baru pertama kali kesini , liat keadaan sekitar , menyimpulkan sesuatu. Kalo diibaratin sama Mall di surabaya mirip sama DTC Mall , padahal ini Mall yang notabene orang dilarang ngerokok eh aku ketemu sama beberapa orang yang ngerokok sama jalan , sama duduk Bzzzzz -_____- Di Mall nya ini toko baju yang mirip kayak Matahari gitu namanya Tiara , karena nyampe malem banget sebagian toko udah siap-siap mau tutup. Akhirnya nungguin ibed yang lagi main aja dan abis itu langsung pulang.

(bersambung...)










2 comments:

  1. Saya dulu ke Lombok tahun 2009. Waktu itu bandara masih di Selaparang dan dari sana kami nyater taksi buat ke Pantai Kuta, Lombok. Jaraknya sekitar 60 km lah. Pantainya bagus dan sepi. Kalau sekarang dari bandara di Praya lebih dekat kalau mau ke Pantai Kuta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa katanya gitu emang lebih dekat ke pantai kuta tapi belum sempet berkunjung ke pantai kutanya :(((

      Delete