Wonderful Lombok !!

Sunday, November 17, 2013 Imama Lavi Insani 0 Comments

Beberapa waktu yang lalu aku berkesempatan buat mengunjungi salah satu Hidden Paradise di Indonesia. Hidden Paradise itu adalah Pulau Lombok. Pulau yang terletak di Nusa Tenggara Barat ini merupakan salah satu pulau terindah di Indonesia.

Mengapa bisa begitu ?


Karena banyak sekali destinasi wisata yang keindahannya membuat kita pasti akan berdecak kagum dan beberapa destinasi masih sepi oleh pengunjung. Ada beberapa destinasi wisata yang bisa disebut Hidden Paradise , yaitu :
- Pantai Senggigi
- Bukit Malimbu
- Gili Terawangan
- Gili Meno
 Gili Air

Pertama aku mau cerita tentang Pantai Senggigi. Pantai ini terletak di sebelah barat laut kota Mataram , Kabupaten Lombok Barat , Propinsi NTB , Indonesia. Karena letaknya yang tidak terlalu jauh dari Mataram , akhirnya aku sama mbakku mutusin naik sepeda motor untuk ke pantai ini. Sekitar 30 menit perjalanan dari Mataram ke Pantai Senggigi ini. Kesan pertama pas sampai di Pantai ini adalah tenang , damai , dan keren banget pantainya. Angin yang sejuk dan pemandangan yang indah banget bikin opening liburanku di pulau Lombok ini jadi sesuatu hal yang mengesankan. Ombak yang tidak begitu besar dan air yang jernih pasti bikin tiap orang yang kesini ngerasa nyaman banget. Tapi sayang karena waktu yang tidak begitu lama akhirnya aku melanjutkan perjalanan ke bukuit Malimbu.

Sebenarnya letak bukit malimbu dan pantai senggigi tidak begitu jauh cukup beberapa menit saja kita sudah sampai di bukit Malimbu. Waktu sampai di bukit ini anginnya kenceng banget ternyata. Untuk sampai ke bukit Malimbu kita naik beberapa anak tangga dulu dan pas di bukitnya ada 2 gazebo untuk tempat duduk dan istirahat. Dan pas liat keadaan sekeliling asli keren banget , subhanallah banget indahnya. Dari bukit ini kita bisa liat bibir pantai yang berpasir putih , lautan biru dengan ombak-ombak kecilnya , dan perbukitan hijau yang menjorok ke laut.Di bukit Malimbu ini kita bisa lihat pantai senggigi , 3 gili dari jauh dan gunung Agung (Bali) tapi aku cuma bisa liat pantai senggigi sama 3 gili aja dan 3 gilinya juga keliatan kecil banget hehe. Akhirnya aku ambil beberapa foto pas disini dan karena anginnya bener-bener kenceng waktu itu akhirnya gak lama aku balik ke Mataram.



Keesokan paginya kita udah siap-siap buat berangkat ke 3 Gili yang katanya keren banget pantainya. 3 gili ini adalah Gili Trawangan , Gili Meno dan Gili Air. Dari Mataram kita naik taksi dan lewat jalur pusuk untuk sampai ke Pelabuhan Bangsal , pelabuhan penyebrangan menuju Gili Trawangan. Perjalanan untuk sampai ke Pelabuhan Bangsal cukup nyaman karena jalanan yang kita lewati benar-benar ‘mulus’ sekali. Ketika memilih jalur pusuk kita akan melewati pegunungan dengan hutan hijau yang masih terawat sekali. Ada beberapa titik berkumpul beberapa monyet di samping jalan yang dimanfaatkan oleh pengunjung yang melewati jalur ini untuk sekedar istirahat sambil memberi makanan kecil kepada monyet. Tetapi hati – hati karena di daerah ini ada beberapa tikungan tajam dan jurang yang cukup dalam. Perjalanan dari Mataram ke pelabuhan bangsal memakan waktu kurang lebih 45 menit. Setelah membayar ongkos kita ke loket pelabuhan bangsal dan ternyata masih tutup -_- . Akhirnya kita menunggu dan mengobrol dengan beberapa orang yang juga akan pergi Gili Trawangan. Tidak lama kemudian loket dibuka dan langsung diserbu oleh pengunjung yang ingin segera ke Gili Trawangan. Setelah mendapat tiket perahu kita nunggu beberapa saat karena ternyata yang naik banyak sekali. Sekitar 15 menit kemudian kita naik perahu dan perjalanan ke Gili Trawangan memakan waktu kurang lebih 30 menit.

Sesampai di Gili Trawangan pemandangan yang disuguhkan pulau ini bener-bener bikin diem gak tau mesti ngomong apa. Pasir putih , air laut yang jernih banget ditambah ikan-ikan kecil yang renang di sela-sela terumbu karang pasti bikin semua orang yang datang kesini gak pernah nyesel. Di Gili Trawangan ini bebas asap kendaraan bermotor karena gak ada satupun kendaraan bermotor ada di pulau ini. Tapi jangan khawatir , kita bisa memilih beberapa alat transportasi disini , misalnya sepeda angin dan cidomo (biasa disebut kereta kuda atau andong)  dan pas muter di pulau ini emang gak nemuin satupun kendaraan bermotor jadi suasanya bener-bener damai banget. Ini ada beberapa foto pas di Gili Trawangan , cek ya :)






Akhirnya setelah nemu tempat penginapan kita nyari trip buat snorkeling ke 3 Gili , Gili Trawangan , Meno sama Air. Dan pas snorkeling ini bener – bener bikin yakin banget kalo Indonesia punya banyak banget hidden paradise yang belum terekspos ke media.

Kenapa bisa begitu ?

Karena  pemandangan bawah laut di 3 Gili ini bener-bener subhanallah banget. Terumbu karang yang berwarna – warni ditambah ikan-ikan kecil yang berenang bebas di lautan dan ada beberapa penyu yang berenang bikin liburanku kali ini bener-bener berkesan banget karena bisa merasakan sisi lain dari Indonesia. Indonesia yang terkenal dengan korupsinya , Indonesia yang terkenal dengan bencananya , dan segala hal tentang Indonesia yang mengacu kearah negatif gak aku rasain disini. Disini aku bener-bener ngerasa  kalo Indonesia itu indah , kaya , dan luar biasa banget. Ini masih sebagian kecil dari kekayaan Indonesia yang begitu melimpah indahnya. Masih banyak sekali tempat-tempat di Indonesia dimana aku bisa ngerasain sisi lain dari Indonesia. Semoga bisa merasakan kekayaan itu semua , aamiin :)) 

0 komentar: