Lombok , Kecil Pulaunya , Pedes Pemandangannya [2]

Tuesday, December 03, 2013 Imama Lavi Insani 0 Comments

Tanggal 13 Oktober hari kedua aku liburan ke Pulau Lombok. Dan di hari kedua ini aku sama mbakku mutusin buat liburan ke Gili Trawangan. Oke ini rundown di hari kedua:

06.30 - 07.19 Berangkat ke Gili naik taksi
07.19 - 07.34 Nyampe di Pelabuhan Bangsal sama nunggu loket dibuka
07.34 - 07.59 Naik perahu ke gili Trawangan
07.59 - 08.50 Nyari penginapan
08.50 - 09.15 Makan
09.15 - 10.00 Nyari tour snorkeling
10.00 - 11.00 Persiapan di tempat tour snorkeling
11.00 - 15.30 Snorkeling 3 Gili
15.30 - 18.00 Istirahat
18.00 - 19.00 Makan malam
19.00 - 21.18 Jalan-Jalan di Gili Trawangan
21.18 Istirahat

ini keterangannyaa :))



06.30 - 07.19 Berangkat ke Gili naik taksi

Pagi-pagi sekitar jam 5 aku sama mbakku udah bangun , sholat , trus siap-siap berangkat ke Gili Trawangan. Jam 6 tanteku datang trus nganter buat nyari taksi. Kata tanteku nanti bilang pake jalur pusuk aja soalnya kalo pake jalur malimbu bayarnya bisa sampe 2x lipat soalnya muter kalo lewat malimbu. Akhirnya nemu taksi lokal dan bismillahirrahmaanirrahim kita berangkat.

Di perjalanan lewat jalur pusuk ini ternyata lewat gunung dan jalannya udah mulus banget. Nah pas di gunungnya ini ada beberapa spot dimana monyet kumpul dan ini dimanfaatin buat orang - orang istirahat dan ngasih makan monyet-monyet  ini.  Oh iya sopir taksinya ini bener-bener bikin perut mual. Dari cara nyetirnya yang menurutku kurang 'halus' ditambah rute jalan yang naik turun aku sama mbakku dibikin klenger pas naik taksi ini. Jam 07.19 alhamdulillah nyampe di pelabuhan bangsal. Kata mbakku ini taksinya kok tumben nganter sampe pelabuhan bisanya nganter cuma sampe pasar trus nanti naik cidomo. Kenapa diturunin di situ ? soalnya biar cidomonya laku jadi saling kerjasama gitu. Biasanya kalo dianter sampe pelabuhan , taksinya pasti bakal didatengin sama banyak orang yang punya cidomo. Tapi tumben banget  gak diapa-apain taksinya , mungkin karena masih pagi banget kali ya jadi gak banyak cidomo yang beroperasi.


ini pas dijalan lewat jalur pusuk


07.19 - 07.34 Nyampe di Pelabuhan Bangsal sama nunggu loket dibuka

beberapa cidomo di pelabuhan



tempat pelayanan tiket


tumpukan beer siap kirim ke gili trawangan :o

Pas nyampe di pelabuhan bangsal sendiri masih agak sepi. Loket juga belum buka. Jadinya aku sama mbakku ngobrol sama beberapa orang yang ada disana. Orang pertama ini ngajak ngomong aku sama mbakku pas aku sama mbakku ngomong bahasa jawa. Orang ini ternyata juga orang jawa yang ditugasin di NTT. Orang ini cerita dia dulunya kerja jadi sales rokok , padahal dia sendiri gak ngerokok. Akhirnya karena gak cocok sama pekerjaannya dia ganti kerja jadi Pegawai di salah satu instansi dan ditempatkan di NTT. Katanya kalo ke NTT emang masih bagus banget keadaan alamnya tapi biaya kesananya mahal apalagi transportasinya. Orang ini juga ngajak ke sana , ke pulau komodo.
"Ayo mbak kesana , nanti bisa snorkeling di pantai pink "
Dapet tawaran gitu ya aku seneng-seneng aja tapi dapet duit dari mana , kerja aja belum hehe. Orang ini juga bilang beberapa kalimat motivasi yang bikin semangat meraih mimpi.

"Jadi mbak , percayai mimpi mbak apa , pengennya mbak apa , benar-benar yakini dalam hati trus usaha buat gapai mimpi itu , doanya jangan lupa juga mbak , Insya Allah nanti Allah pasti akan kasih jalan kesana"

Orang kedua dari pengusaha yang pensiun atau keluar (lupa) dari pertamina , gak mau cerita banyak karena awalnya orang ini ngasih semangat hidup juga tapi ujung-ujungnya modus banget Bzz -___-
Alhamdulillah liburan ke lombok ini gak sia-sia karena sama Allah dipertemukan sama orang-orang keren yang mau sharing dan ngasih semangat hidup. Ada beberapa orang lagi yang juga ngasih inspirasi hidup jadi terus baca postingan liburan di lombok ini ya :))

07.34 - 07.59 Naik perahu ke gili Trawangan

Nah akhirnya sekitar jam 7 lebih 15 an loket dibuka dan langsung diserbu sama pengunjung yang mau ke Gili Trawangan.Tapi karena nunggu perahu jam 07.34 baru berangkat. Perahu ini selain ngangkut penumpang tapi juga ngangkut bahan-bahan pokok kayak beras , dll.


beberapa perahu di pelabuhan


selain penumpang ada bahan-bahan pokok juga di dalem perahu


life jacket :o


 Dan karena keadaan angin di lombok waktu itu lagi gak oke , ada beberapa penumpang yang mukanya pucat banget pas lagi di tengah laut. Aku sendiri juga ngerasa agak pusing , dari naik taksi yang sopirnya gitu , ditambah naik perahu yang ombaknya gak santai banget , dan waktu itu di otak cuma ada satu pikiran " KAPAN NYAMPE GILI TRAWANGAAAN "

07.59 - 08.50 Nyari penginapan

Alahamdulillah Allah SWT mendengar doa hamba Nya yang udah klenger di perahu. Jam 07.59 akhirnya aku nyampe di Gili Trawangan. Kesan pertama pas menginjakkan kaki di pasir pantainya " Ini pulau keren!! " hahaha , gimana gak punya kesan kayak gitu , airnya jernih banget , pasirnya putih , dan banyak bule kinclong :))

Pas nyampe sini langsung foto-foto dehhh hehe


Abis foto-foto aku sama mbakku nyari penginepan. Sebelumnya aku udah browsing nyari tempat nginep , hotel sama bungalow dan udah nyatet di hp namanya apa aja. Aku sama mbakku pengennya nyari tempat penginepan yang pas buka pintu kamar langsung depannya pantai gitu :p tapi mahal banget kayaknya ya dan kayaknya di gili trawangan ini gak ada , eh gak tau juga sih gak survei soalnya hehe. Dan sekitar 15 menit jalan kaki akhirnya nemu salah satu bungalow berdasarkan hasil browsing , Sunrise Bungalow namanya.

Pas masuk langsung sama mas-mas penjaga bungalownya disuruh liat dulu bungalownya gimana. Pas diliat ternyata sama kayak apa yang aku sama mbakku pengenin. Lokasinya juga deket banget sama pantai. Akhirnya kita mutusin nginep disitu , trus ngisi identitas bentar, langsung dikasih deh kuncinya. Pas ngisi identitas mas penjaganya tanya asalnya dari mana , aku jawab Sidoarjo kan , eh ternyata pemilik bungalow ini orang Sidoarjo , Wooow keren - keren , gak nyangka orang sidoarjo bisa punya bungalow sekeren ini. Waktu itu juga mikir coba kalo pemiliknya lagi ada di situ juga , bisa dapet potongan harga kayaknya :p Oh iya harga nginep disini semalam 235 rb(non AC tapi ada Kipas anginnya) , itu termasuk makan pagi. Nah abis ngambil kunci dianter sama mas penjaganya. Kita disuruh milih bungalow mana yang mau ditempatin , yang kosong waktu itu ada 4. Kita milih yang paling ujung dan menurutku yang paling cantik bentuk bungalownya :))

Pas masuk ternyata fasilitasnya keren. Tempat tidurnya nyaman banget , ada kelambunya,ada kipas anginnya, kamar mandinya bersih banget , pokoknya kereen banget, gak sia-sia pokonya ngeluarin duit 235k buat nginep disini , cek aja beberapa foto di bawah ini :



foto bungalow dari depan



kasurnya ada kelambunya jadi kayak tempat tidurnya anak bayi :p








08.50 - 09.15 Makan

Karena abis klenger di perjalanan dan untuk memulihkan tenaga , akhirnya aku sama mbakku Makaaaan. Tadi pagi tanteku bawain bungkusan makan dari salah satu resto cepat saji , nah akhirnya kita makan deh makanan dari tanteku tadi. Wuihhh nikmat banget. Emang ya ya kalo makan di saat yang tepat gitu rasanya bener-bener Luar Biasa nikmatnya hahaha ( lebay dikit sorry :p )

09.15 - 10.00 Nyari tour snorkeling

Puas makan akhirnya kita jalan-jalan ke gili trawangan ini. Karena aku pengen banget snorkeling akhirnya nyari snorkeling trip ke 3 gili , Gili Trawangan , meno , sama air, Ketemu sama trip snorkeling ini.

Pas negosiasi harga , sepakat harganya 120 rb per orang sama makan siang. Nah karena kau pengen banget ada foto pas snorkeling akhirnya aku beli camera case buat di dalem air , sekitar 195 rb.


tempat tour snorkeling




ini harga sewa boat dan bus selama di pulau lombok


beli camera case tapi useless :((

Pas di tempat trip snorkeling ini ternyata ada bule juga yang ikutan trip. Asalnya dari australia. Awalnya bule ini ngeliatin kita berdua akhirnya mbakku ngajak ngobrol , akhirnya aku juga ikutan :p hehe. Dia kesini sama cewek , kayaknya kalo gak pacar ya istrinya. Dia ke Indonesia sekitar sebulan. Liburan pertamanya ke Bali trus ke lombok dan terakhir dia mau ke Rinjani , wihhh pengeen :|

Oh iya saran aja buat trip snorkeling :
1. Dateng ke Gili sebelum jam 10 soalnya tur dimulai dari jam 10
2. kalo skill renang biasa-biasa aja (kayak aku hehe) mending sewanya life jacket
3. Siapin kamera underwater kalo bisa


10.00 - 11.00 Persiapan di tempat tour snorkeling

Kumpul di tempat pemberangkatan tripnya sekitar pukul setengah 11. Akhirnya kita balik ke bungalow siap-siap mau bawa apa aja kesana sekalian ganti baju renang. Akhirnya kita cuma bawa tas kecil isinya kamera , dompet , kunci kamar , air minum, sun block , sama tas kresek plastik.Pas nyampe di tempat pemberangkatnya ternyata udah penuh banget sama bule dan beberapa turis lokal. Kitapun disuruh milih life jacket. Udah selesai milihnya akhirnya kita nunggu beberapa menit sampe semua kumpul. Kitapun kenalan sama turis lokal , ada 3 orang mbak-mbak yang lagi liburan (iyalah hehe) Baru ngobrol bentar eh ternyata udah mau berangkat. Nama kita pun dipanggil satu-satu buat naik ke perahu. Pas nama 'imama' dipanggil ada yang nyeletuk 'imam hambali' Bzzzz -_____-

Sekitar jam 11 akhirnya perahu trip 3 gili ini berangkat. Penuh banget perahunya sama bule yang turis lokal bisa diitung jari kayaknya. Ahirnya kita duduk di tengah. Lumayan ada hiburan buat liat keadaan di dalem lautnya gimana soalnya perahunya ada kaca jadi bisa liat ikan-ikan renang :))


Oh iya FYI menurutku turis lokal bawaannya ribet banget , bawa tasnya gede banget , bawa makanan, dll. Dibanding sama bule yang cuma bawa 'diri ' aja . Aku sendiri mengklasifikasikan diri ke turis lokal yang gak ribet-ribet banget soalnya cuma bawa tas kecil yang isinya emang barang-barang penting. Bule emang gak suka yang ribet-ribet


11.00 - 15.30 Snorkeling 3 Gili



keadaan di dalem perahu yang penuhhh banget




Trip snorkeling pertama di Gili Trawangan sendiri. Karena aku sendiri belum pernah snorkeling , akhirnya dengan modal nekat , life jacket , sama goggles aku nyeburin diri ke laut , lebih tepatnya tepian laut hehe.


siap tempur buat snorkeling :))

Awalnya ya biasa aja rasanya tapi karena angin di gili lagi gak santai jadinya ombaknya gede banget dan alhasil baru sekitar 3 menit nyeburin diri udaah langasung naik lagi ke perahu. Dan waktu itu kepala langsung pusing bangeeet , mirip banget sama korban tsunami yang terapung-apung di lautan lepas hahaa lebay ya tapi emang beneran gitu banget rasanya.

Pas di perahu langsung nyandar pinggiran perahu sama ngatur nafas trus ada bule cewek bilang ke aku " are you go on ? " sama nunjuk ke laut. Aku yang waktu keadaannya lemes banget cuma ngangguk sama bilang yes -__- Akhirnya sekitar 20 menit snorkeling di gili trawangan kita menuju ke Gili Meno.

Pas nyampe di Gili meno badanku udah agak mendingan gak lemes lagi. Akhirnya pas disuruh buat 'nyemplung' lagi aku make lagi goggle sama benerin life jacket. Dan ternyata arus di Gili Meno lumayan santai jadinya agak lebih nikmatin snorkelingan , meskipun keadaan badan masih lemes.


Nah  yang terakhir rombongan kita ke Gili Air. Dan di Gili air ini bener-bener tenang banget arus lautnya dan beniiing banget airnya. Sebelum nyemplung kita dikasih roti buat mancing ikan biar deketin kita. Dan pas nyemplung di lautnya ikannya bener-bener lucu banget  ,tapi sayang media dokumentasi  mengalami  permasalahan jadinya dikit banget foto-fotonya. Tapi di Gili Air ini bener-bener Gili yang masih alami banget soalnya pasirnya putiiiih banget , airnya beniiing banget , ikannya lucu - lucu , karangnya juga indah banget,pokoknya keren banget di Gili Air ini.


foto underwater pertama :p


kepala masuk ke life jacket -_-


ini di gili airnya , bagusss banget aslinya :))




Di Gili Air ini kita istirahat makan siang di salah satu restauran di Gili Air. Aku sendiri pesen nasi goreng sama lemon tea. Gak tau kenapa masakan kalo gak dari jawa rasa di lidah gimana gitu termasuk rasa nasi goreng di tempat makan ini. Tapi berhubung udah capek dan laper banget langsung habis dalam waktu gak lebih dari 5 menit :)) Oh iya pas makan ini aku sebelahan sama turis dari jepang. Dan yang bikin kagum , kan anaknya masih kecil trus buang sampah  sembarangan nah si ibunya langsung ambil sampah trus buang di tempat sampah. Salut sama bule jepang ini.

Kita dikasih  waktu sekitar 1 jam buat istirahat sama makan. Pas udah 1 jam kita semua balik ke perahu. Mbakku yang udah gemes banget sama anak bule jepang tadi pengen ngajak ngobrol dan pas nanya "onamaewa?" si anak kecil ini cuma melongo ngeliati muka mbakku aja hahaha.

Akhirnya setelah semua kumpul kita berangkat ke gili trawangan , tapi ternyata ada beberapa turis domestik yang satu perahu sama kita gak balik-balik , akhirnya karena udah lama banget ditunggu gak dateng-dateng akhirnya ditinggal. Di sini aku sebagai salah satu turis domestik ngerasa malu banget , udah keliatan banget mental orang kita kayak gimana , ngaret banget gak tepat waktu. Beda banget sama bule yang bener-bener tepat waktu sama sesuatu hal. Oke oke lanjut ya , ternyata kita gak langsung menuju ke gili trawangan tapi ada bonus snorkling lagi di gili air. Akhirnya semua bule nyebur lagi dan aku yang udah ganti baju , udah males banget jadinya duduk aja di perahu. Sekitar 20 menit waktu snorklingnya di gili airnya akhirnya kita balik ke Gili Trawangan :))



15.30 - 18.00 Istirahat

Nyampe Gili Trawangan sekitar jam 15.30 an langsung aja aku sama mbakku balik ke bungalow , mandi trus sholat dan lanjut tidurrrr :|

18.00 - 19.00 Makan malam

Dan ternyata bangun - bangun udah jam 6 malem , nyesel gak bisa liat sunset. Akhirnya aku sholat maghrib. Karena perut dari sore gak keisi dan aku sama mbakku udah 'sangu' pop mie akhirnya aku makan malem 2 cup pop mie hahaha. Oh iya bungalow ini nyedian air hangat gratis loh :)) Dan pas duduk-duduk di lobby bungalow ada beberapa bule yang mondar-mandir nyapa kita. Disini bikin aku nyadar ternyata mereka itu ramah loh , mau nyapa , mau negur :))

19.00 - 21.18 Jalan-Jalan di Gili Trawangan

Akhirnya selesai makan sekitar jam 7 malem , aku sama mbakku mutusin buat jalan-jalan bentar ke Gili Trawangan. Pengen tau gitu kalo malem gimana keadaannya. Dan ternyata banyak banget cafe dan minibar yang nyedian mini party gitu buat bule-bule disini. Musiknya juga bikin kepala muter-muter kalo denger. Karena siangnya capek banget akhirnya sekitar jam 9 an malem kita balik bungalow dan tidurrrrr.

21.18 Istirahat

Total pengeluaran :
1. naik perahu dari pelabuhan Bangsal @Rp 13.000
2. Sewa bungalow permalam @Rp 235.000
3. Tur Snorkeling @Rp 120.000 (include makan) kalo @Rp 100.000 exclude makan
Jadi totalnya : Rp 368.000

(bersambung...)

0 komentar: