Ayo rek nang SCNM ( Suroboyo Carnival Night Market)

Friday, August 15, 2014 Imama Lavi Insani 15 Comments




Suara musik dan nyanyian dengan suara khas Suroboyo menyambut kami ketika sampai di tempat parkir Suroboyo Carnival. Hampir saja kami terkena tipu seorang oknum tukang parkir liar yang mengatakan tempat parkir sudah penuh dan menyuruh kami pakir di tempat oknum tersebut. Tapi kenyatannya masih banyak tempat yang kosong untuk menempatkan kendaraan pribadi pengunjung.

Setelah memilih tempat untuk parkir kami menuju musholla dan pergi ke kantin untuk membeli air minum. Musholla di area ini cukup luas. Tetapi sayang sekali tidak ada sekat antara perempuan dan laki-laki. Untuk tempat wudhunya hanya diberi sekat di tengah. Saran saya untuk pihak pengelola SCNM sebaiknya diberi sekat atau pembatas karena saya sendiri bingung mana tempat untuk wudhu laki-laki dan wudhu untuk perempuan.

Musholla yang luas

Dari kejauhan terdengar lantunan lagu theme song dari SCNM dan membuat kami bergegas menuju antrian tiket masuk. Terdapat dua loket tiket yang kedua antriannya cukup panjang. Padahal kami datang bukan saat weekend tapi antriannya sudah cukup panjang , bagaiamana kalau weekend yaa , batin saya berbisik pelan.

Harga tiket masuk SCNM Rp 25.000 . Ekspektasi saya pengunjung akan diberikan gelang seperti pada arena theme park yang lain seperti Jatim Park , Kebun Binatang Surabaya , Jatim Park , dan lain-lain. Tetapi kami hanya diberikan kertas yang bisa disobek menjadi dua dan sisa sobekan tidak diberikan kepada kami. Hiks L , jadi tidak ada kenang – kenangan tiket masuk. Sebagai ticket collector seperti saya ini menyedihkan L


Galeri Suroboyo





Ketika masuk ke dalam SCNM pengunjung akan disambut dengan sebuah bangunan unik bertuliskan Galeri Suroboyo. Karena penasaran kami pun masuk.  Gratis adalah alasan lain kami masuk bangunan ini hehe. Di dalam Galeri Suroboyo berisi hal tetek bengek tentang Suroboyo. Mulai dari pakaian , replika makanan , quotes harian warga Suroboyo , foto – foto keseharian warga Suroboyo , dan masih banyak lagi.
Yang paling menarik menurut saya adalah Quotes harian warga Suroboyo yang ditulis di papan kayu yang dipasang di dinding. Kata – kata seperti :

“ Buathokmu semphal (Dahimu rusak) “

“ Mbahmu Salto ( Nenek / Kakekmu salto)”

“ Makmu Kiper ( Ibumu Kiper ) “

“ Ngomong ta kora – kora ( Ngomong apa mencuci piring)”




Kami semua tertawa terbahak-bahak membaca tulisan tersebut. Ada beberapa quotes yang artinya biasa saja kalau diartikan di bahasa Indonesia tapi kalau di bahasa Suroboyan kata – katanya lebih nyess seperti “Buathokmu sempal “kalau di Bahasa Indonesia “Dahimu rusak” , terkesan krik menurut saya hehe.


lagi meneropong jodoh :v 

Foto keseharian warga Suroboyo hasil jepretan warganya sendiri

Siapa yang mau panjat pinang dapat hadiah PC ???

Replika makanan khas Suroboyo yang ini namanya Kupang


Karena theme park ini bertemakan Suroboyo alhasil semua hal berhubungan dengan kota pahlawan. Mulai dari lagu yang dinyanyikan dengan aksen medok khas Suroboyo , nama permainan yang menggunakan bahasa Jawa , sampai dengan papan penunjuk arah yang biasanya bertulis “Enter / Masuk “ Kalau disini menjadi “Mlebu”.


Aku Tresno Kowe Maaas ( Aku Cinta Kamu Maaas )

Munyer Serr ( Berputar Serr ~)

Kami pun mencoba salah satu wahana yang menurut kami paling menantang “ Tambang Mas Coaster “. Cukup membayar Rp 15.000 maka kita bisa merasakan bagaimana rasanya menaiki Roller Coaster yang berbentuk kereta mirip penambang dan muat maksimal empat orang ini. Sekitar tiga menit permainan ini membuat kami lemas karena capek berteriak. Belum lagi dengan rem yang sangat cakram membuat kami terpental ke depan. Mungkin karena baru , jadi remnya masih sangat cakram , batin saya.

Setelah dihabisi oleh “Tambang Mas Coaster” kami beristirahat sebentar. Maksud hati ingin membeli minum untuk mengisi tenggorokan yang kering tetapi apa daya prosedur pembelian yang mewajibkan pembeli membeli kupon tiket seharga Rp 50.000. Petugas yang berjaga menyarankan kami membeli di kios yang tidak menggunakan komputer agar tidak perlu mengeluarkan uang membeli tiket. Mental anak kos kami pun muncul kami berjalan dan mencari kios makanan yang tidak menggunakan komputer. Akhirnya kami menemukan kios tanpa komputer  di dekat pintu keluar. Sambil duduk di dekat kios makanan kami melepas lelah setelah berkeliling di area seluas 8 hektar ini.

Beskop bukan Bioskop kalau di bahasa Suroboyoan :v

Tulisan untuk menarik pengunjung menonton film 4D

Sekitar pukul 21.00 kami keluar dari SCNM dan melihat antrian yang masih mengular di dekat pintu masuk. Karena SCNM tutup pukul 24.00 terlihat semakin malam semakin ramai dengan pengunjung yang kebanyakan kaum muda dengan tangan memegang tongkat narsis. 

Ada beberapa tips ketika akan mengunjungi SCNM :

1) Bawalah makanan dan minuman dari rumah karena harga .... (isi sendiri ya pasti ngerti semua dan mumpung belum ada kebijakan penyitaan makanan dan minuman hhehe :p)

-          2)Siapkan fisik yang kuat karena arena bermain ini cukup luas , 8 hektar.
Mungkin karena ada yang bilang seperti BNS jadi saya mengira SCNM kecil tapi ternyata cukup luas-__-

-          3) Persiapkan gadget untuk mengabadikan momen , jangan sampai ada tulisan low battery saat sedang asyik selfie #pengalaman Ini juga tips untuk setiap Traveling hehe 

4) Kalau capek berkeliling bisa menyewa sepeda listrik atau naik kereta


Dari segi kebersihan SCNM menyebar banyak tempat sampah jadi tidak perlu susah - susah mencari tempat sampah kalau ingin buang sampah. Saya tidak sempat menyambangi toilet jadi saya tidak tau kebersihan di dalam toilet SCNM sendiri. Waktu saya kesini menurut saya pengunjungnya masih sedikit dan beberapa wahana tampak sepi seperti Beskop 360. Nah mumpung masih sedikit sepi yuk rame - rame berkunjung ke SCNM. 




Happy traveling :)) 



ps : semua foto di atas menggunakan smartphone saya jadi maaf kalau hasilnya ada yang kurang jelas :v






15 comments:

  1. aku harusnya dapet royalti dooong kan ada fotoku yg sendirian :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti deh nis kalo blogku udah ngehits ada royalti buat kamu hihi :p

      Delete
  2. Sekilas dari foto kayaknya landscape-nya lebih indah dan unik daripada BNS (Batu Night Spectacular).

    Dan, kalo mau minum pakai tiket yg diisi saldo Rp50.000?!
    Repotin jg ya...

    "Leave nothing but footprints. Take nothing but pictures. Kill nothing but time"

    http://makanangin-travel.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mesti beli saldo Rp 50.000 dulu jadi mending bawa makan sama minum sendiri kak :))

      Delete
  3. kawaaiii (y) tak buktikan tulisanmu maa pas aku ksana :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. ciee mau sama siapa nich kesanaa hihi :p

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. mbiyen pas sek neng Suroboyo arep mrene ra keturutan terus, saiki wes pindah ko Suroboyo san soyo ra keturutan :D

    Blog Wisataku :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha kalo kesini lagi disempetin aja mas, lumayan asik tempatnya :D

      Delete
  6. Hi mba Ima, salam kenal :)

    Mba, nanya dong... di sekitar suroboyo carnival ini ada hotel yang dekat ga?
    Mksih

    ReplyDelete
  7. Hi mba Ima, salam kenal :)

    Mba, nanya dong... di sekitar suroboyo carnival ini ada hotel yang dekat ga?
    Mksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mbak Damai Pravangesti :D
      Mohon maaf atas lamanya bales komen mbak, di daerah suroboyo carnival saya sendiri belum pernah liat ada hotel mbak, tapi mungkin mbak bisa coba Gayungan Homestay,lokasinya lumayan deket menurut saya dengan SCNM ;)

      Delete