Pizza Italia di Novotel Surabaya: Delizioso !

Friday, October 23, 2015 Imama Lavi Insani 10 Comments


“ Pizza yang ada di salah satu kedai ternama itu termasuk pizza yang sudah terpengaruh dengan Amerika, kalau ini masih ala Pizza Italia.” Chef Faliq






Sabtu siang cuaca Kota Surabaya begitu terik, matahari tepat berada di atas ubun-ubun. Namun hal tersebut tidak menyurutkan niat dan semangat kami, para peserta octoblogger untuk terus berjalan mengelilingi salah satu hotel di Surabaya. Dan Mas Kus, pihak hotel yang mengundang kami mengajak untuk melihat dan mencoba membuat Pizza Italia yang gemar disantap oleh berbagai kalangan ini.

Tepat di samping kolam renang, terdapat sebuah bar kecil dengan perapian di sampingnya. Kami pun dibawa masuk dan disana sudah menunggu seorang pria paruh baya dengan baju seragam serba putih dan tulisan Faliq di baju seragam tersebut.


Splash Bar

Cerobong perapian untuk membakar pizza


Setelah memperkenalkan diri Chef Faliq pun mulai untuk mempraktekkan langsung pembuatan pizza.

Chef Faliq dibalik meja bar


“Baiklah, kali ini kita akan mencoba membuat tiga buah pizza ada Hawaiian Pizza, Meat Lover dan Volcano Pizza.”

Kemudian Chef Faliq pun mulai menjelaskan bahan – bahan dan cara pembuatan pizza.

“ Untuk bahannya ada dua unsur penting sampai dibilang pizza, yaitu dough dan tomato concasse.
Dough sendiri terdiri dari 2 kg tepung, 1200 ml air, 2 sdm Olive / Salad oil , 2 sdt yeast / ragi, 1 sdt garam, dan 1 sdt gula.
Bahan untuk dough tersebut diaduk sampai kalis dan dikembangkan 15 – 20 menit.

Lalu yang kedua untuk tomato concasse kita campurkan keju mozzarella, fresh tomato, lalu di blanch setengah matang lalu isinya dibuang dan dirajang kasar.
Selanjutnya kita masuk ke proses masaknya:
Pertama kita potong dadu tomat lalu ditambah pasta tomat dan dicampur di atas wajan dengan api kecil...”

Bahan - bahan tomato concasse dan dough


Chef Faliq pun terus menjelaskan cara pembuatan pizza kepada kami dan saya terus memperhatikan sambil sesekali berpindah tempat untuk melihat dari dekat pembuatan pizza tersebut.

“ Untuk Pizza Italia bahan dasarnya itu tadi kalau untuk varian rasa bisa ditambah sesuai keinginan, misalkan untuk membuat hawaiian pizza maka untuk toppingnya ditambahkan bawang bombay, smoked chicken, dan nanas, ” tambah Chef Faliq.


Pizza Meat Lover sebelum dipanggang




Kami pun dilibatkan dalam membuat Pizza Italia ini, beberapa teman blogger saya mencoba untuk memasukkan pizza ke dalam cerobong perapian. Terlihat dari luar pizza diletakkan di samping api dan sesekali di putar untuk meratakan panas dari api di pizza. Dari luar sudah terasa hawa panas dari sumber api di dalam cerobong. Saya pun langsung minggir tak ingin menambah bulir keringat di dahi.

Salah satu blogger, Mbak Avy sedang memasukkan pizza ke dalam cerobong perapian

Dua buah pizza sudah kami coba, hawaiian pizza dan meat lover. Rasa keju mozarella begitu terasa kentara di lidah saat menggigit pizza meat lover. Irisan daging yang dipotong kecil menyatu dengan saus tomat dan keju mozzarella membuat saya tak hentinya mengunyah potongan pizza yang dibagi rata menjadi 16. Di akhir sesi memasak bersama ini kami mencicipi volcano pizza yang masih hangat dan disajikan dengan saus yang begitu lumer sebagai topping. Ketiga pizza yang dibuat bersama oleh kami dan Chef Faliq ini begitu lezat. Tak seperti pizza yang dijual di salah satu kedai ternama, pizza yang dibuat kali ini terasa begitu original dan tak enek seperti yang biasanya saya rasakan. Mungkin salah satu kuncinya adalah perpaduan yang pas antara dough dan tomato concasse sehingga membuat rasanya begitu memanjakan lidah.


Pizza Meat Lover yang sudah matang


Makan bersama berbagi bersama :D

Molalala ~~

Chef  Faliq dengan Volcano Pizza


Volcano Pizza :D

Terik matahari mulai surut dan kami pun sudah puas mencicipi Pizza Italia yang dibuat secara langsung di Splash Bar. Selajutnya kami duduk bersantai di bangku yang disediakan di samping kolam renang. Sambil bersandar di bangku panjang saya menggumam hmm Pizza Italia di Novotel Surabaya Delizioso !




---
Daftar harga di Splash Bar:




10 comments:

  1. Replies
    1. masih belajar mbak hehe terima kasih :)

      Delete
  2. volcano pizzanya kurang meletus, hihiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya nih tapi rasanya tetep nyess bangett :))

      Delete
  3. jadi lapar lihat pizzanya mbak :)

    salam kenal yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi sama mbaaak jadi laper juga nih
      salam kenal juga :D

      Delete
  4. aku sukaaaa pizza yg masih italia bgt giniiii ^o^... dibanding ama pizza yg rotinya tebel, toppingnya jg udh terlalu dimodifikasi gitu, aku prefer pizza dgn roti tipis dan keju yg berasa bgt gini..di novotel jakarta hrsnya ada ya mba...pgn cobain di sana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa harusnya ada mbak kan sama-sama novotelnya hehe coba kesanaa mbak :D
      aku juga sukaaa bngett yg rotinya tipis aja tapi toppingnya nyesss bangett

      Delete
  5. Ima udah gabung grup WA KEB Surabaya kah?

    ReplyDelete