Selamat Pagi Blogger Camp ID

Tuesday, October 27, 2015 Imama Lavi Insani 14 Comments




Sekitar pukul 3 pagi saya terbangun dari tenda 3, mengambil sweater dan segera memakainya. Dingin pagi yang begitu menusuk badan membuat saya harus lebih merapatkan jaket dan baju penghangat lain.

Sekitar dua jam kemudian saya kembali terbangun, dari atas tenda matahari sudah terbit tinggi dan suara dari Aula Bendil menyahut keras menyuruh kami untuk segera bangun untuk melakukan senam pagi.

Saya pun melangkah menuju Aula Bendil. Abu bekas api unggun sisa semalam masih tersisa di tanah lapang. Di aula ada beberapa teman blogger yang memasang banner bertuliskan “ BLOGGER CAMP INDONESIA 2015”.

Sambil berjalan terhuyung saya mendekati banner tersebut untuk segera ikut berbaris mengikuti senam pagi.

Teman – teman saya yang lain wajahnya begitu cerah dan ceria mungkin karena ini merupakan hari jadi kami, para blogger di Indonesia.
...

Kami di sini, berkumpul untuk memeriahkan peringatan Hari Blogger Nasional yang diperingati secara rutin tiap tahun dan pada tahun ini beberapa blogger memperingatinya dengan mengadakan Blogger Camp yang diadakan serentak di 4 kota besar di Indonesia, yaitu di Jakarta, Purwokerto, Surabaya, dan Makassar.

Acara Blogger Camp ini sendiri berlangsung dua hari, yaitu tanggal 26 dan 27 Oktober. Blogger yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini berasal dari berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa sampai emak-emak dan bapak-bapak serta dari beragam konsentrasi blog, ada yang tentang teknologi, traveling hingga parenting.

Tahun ini Blogger Camp mengusung tema “ Membangun Kredibilitas Blog” dan acara yang berlangsung selama dua hari ini akan diisi dengan berbagai kegiatan menarik. Diantaranya adalah talkshow, live blogging, games, dan outbond.

Salah satu kegiatan yang menarik adalah saat Talkshow tentang “Membangun Kredibilitas Blog”. Disini ada tiga pemateri dengan cerita dan pengalaman ngeblog yang menarik untuk disimak.
Pemateri pertama Mbak Swastika mengatakan bahwa

Konsistesi ngeblog itu salah satu cara untuk membangun kredibiltas blog itu sendiri dan membangun kredibiltas blog perlu waktu yang cukup lama tidak dalam sehari semalam saja
Selain itu Mbak Swastika banyak menampilkan slide yang berisi foto – foto selama melakukan perjalanan dan kutipan – kutipan menarik di tiap fotonya.

Lain halnya dengan Mas Frenavit, menurutnya ada 4 hal yang harus dibangun dalam “Membangun Kredibiltas Blog”, diantaranya adalah 
Give a good content, Konsisten dan aktif posting, Mengikuti komunitas aktif, Ukur aktivitas blog kita pake google analytics. 

Dan pembicara ketiga Pak Yayat memberikan dua kutipan yang cukup membekas di dalam hati saya
“ Hormati pendahulu, sayangi teman, berbaik hati pada newbie .”
“ Ngebloglah dengan riang.”
Tiga pemateri yang ada tak pelit memberikan tips – tips serta pengalaman pahit manis mereka ketika ngeblog. Hal tersebut terbukti saat acara sharing untuk berdiskusi bersama yang berlangsung seru apalagi dengan bahasan “ Blogger Amplopan” Semua peserta dan pemateri begitu antusias untuk saling bertanya dan menjawab.

Tiga Pemateri, dari kanan Mbak Swastika, Pak Yayat, dan Mas Frenavit.


Disini saya merasa begitu “dirangkul”. Faktor usia tak menjadi penghalang bagi kami semua, para blogger, untuk bergabung menjadi satu seperti keluarga besar yang sudah lama tak bertemu. Mulai dari acara api unggun, senam bersama, hingga outbond semua kami lakukan dalam keceriaan dan canda tawa. Belum lagi saat momen curcol di sela-sela kegiatan yang menambah kedekatan kami. Padahal baru pertama bertemu namun sekali lagi saya katakan, faktor usia tak menjadi penghalang bagi kami untuk berkumpul menjadi satu seperti keluarga besar yang sudah lama tak bertemu.

....

Saya terus berjalan menuju barisan blogger yang sudah berbaris rapi untuk melakukan pemanasan senam pagi.

Semangat yang keluar dari tiap gerakan senam teman – teman blogger saya menular ke badan setengah sadar saya. Semangat untuk terus bergerak dan melawan kemalasan tersebut saya anggap seperti semangat para blogger di Indonesia saat ini.


Bangkit dari kemalasan dan terus bergerak membawa manfaat bagi masyarakat, Selamat Pagi Blogger Camp ID, Salam Semangat untuk para blogger di Indonesia : ))



---
Terima kasih Indosat, Net media, Qwords.com, Tauzi Hotels , Blue Birds dan pihak lain yang belum disebutkan yang turut memeriahkan acara ini :)

Saat live blog di tengah hutan pinus 

Suasana camping ground di The Pines, Taman Dayu


14 comments:

  1. sayang acaranya pas hari biasa :| jadi nggak bisa ikutan~~ eh, ini karena ngepasin hari blogger nasional ya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya begitu kak hehe sayang bangettt padahal seru loooh :))

      Delete
  2. Seru banget ya acaranya, mupeng kemping juga deh.

    ReplyDelete
  3. “ Hormati pendahulu, sayangi teman, berbaik hati pada newbie .” pling seneng ama kata2 ini..

    ReplyDelete
  4. Telat informasi, ternyata ada ya di surabaya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa wah dari Surabaya juga yaaa *toss*

      Delete
  5. Aku bentrok sama halan-halan mendadak jadinya kasih ke temen, padahal mau banget.
    Kutipan pak yayat itu bener banget deh "Hormati pendahulu, sayangi teman, dan berbaik hatilah pada newbie" :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ihhh sayang bangett kak :(( padahal seru acaranyaa kalo di surabaya bahkan susah sinyal jadi lebih "berasa" kegiatannya haha
      btw itu kutipan favoritkuu :D

      Delete
  6. Wah senengnya ketemu sesama blogger :)

    ReplyDelete
  7. Wah senengnya ketemu sesama blogger :)

    ReplyDelete