Kuliner Tanah Melayu Kite

Sunday, May 28, 2017 Imama Lavi Insani 12 Comments




Bujang Dare Tinggi Semampai
sungguh lawa si bujang dare
ke Tanjungpinang jangan tak sampai
wisata kulinernya menggungah selere


Makanan khas melayu identik dengan penggunaan rempah-rempah yang cukup banyak. Santan juga menjadi salah satu unsur penting untuk memperkaya rasa dan karakter kental. Selain rempah dan santan ternyata ada beberapa kuliner yang khas dari Tanah Melayu. Nah kali ini saya akan membahas tentang beberapa kuliner Melayu yang saya cicipi saat berkunjung di Tanjungpinang beberapa waktu yang lalu, silahkan disimak ya...

1. Mie Tarempa


Pertama kali mencicipi kuliner yang berasal dari Tarempa Kabupaten Anambas ini, rasanya langsung pengen cepat-cepat menghabiskan saking enaknya haha (dasarnya suka banget makan). Jadi Mie Tarempa ini terbuat dari tepung dan telur dengan bumbu rempah kemerahan yang sepertinya ini yang bikin saya ketagihan makan haha. Tekstur Mie Tarempa sendiri lebih tebal daripada mie yang lain. Saat memakannya saya jadi ingat mie aceh, hmm meski belinya di Surabaya belum di tempa aslinya tapi saya menemukan kemiripan diantara keduanya. Oh iya Mie Tarempa sendiri ada tiga macam yaitu basah, lembab, dan kering, jadi tinggal sesuaikan dengan selera kalian ya!
Mie Tarempa di Tanjungpinang dapat kalian cicipi di Jl.D.I Pnjaitan, Komplek Pertokon Villa Pinang Mas Blok B No.23-24, Km, 9, Tanjungpinang.

2. Kopi Sekanak

Kalau ingin deskripsi detail Kopi Sekanak, bisa langsung berkunjung ke tulisan saya ini ya hehe pokoknya hidangan raja-raja ini wajib teman-teman cicip ketika berkunjung ke Tanjungpinang :D

3. Otak-Otak Ikan


Otak-otak ini terbuat dari ikan laut yang dihaluskan dan diberi bumbu. Adonan ikan tadi lalu dibungkus di daun kelapa dan dibakar atau dipanggang. Rasanya mirip pepes ikan bikinan ibuk saya di rumah ehehehe..

4.Bingke Pandan


Dibuat dari bahan-bahan pilihan dan alami yang sejak dulu dikenal sebagai kue tradisional asli dari Negeri Melayu. Wangi pandan,rasa khas dan bentuknya yang segi delapan membuat kue ini unik dan berbeda daripada yang lain.

5. Luti Gendang


Cemilan satu ini ternyata juga berasal dari Pulau Tarempa yang terdiri dari roti yang berisi abon ikan. Untuk varian abonnya dapat berbeda-beda tapi yang kemarin saya makan berisi abon ikan. Luti Gendang ini paling pas disantap saat hangat sambil ditemani es teh tarik..

6. Tape


Tape yang ada di Tanjungpinang ini rsanya ya sama seperti yang tapi biasanya saya makan haha bedanya dari pembungkusnya karena biasanya kalau di tempat saya tinggal dibungkus dengan besek kalau di Tanungpinang menggunakan daun.

7. Tepung Gomak


Kue satu ini rasanya seperti mochi dengan tepung tebal di bagian luar. Rasanya manis nan legit.

8. Air Sepang


Air Sepang ini berasal dari kayu sepang yang serumpun dengan secang. Saya menyaksikan sendiri bagaimana perubahan warna air ketika diberi kayu sepang yang awalnya jernih hingga menjadi pink, iya pink! Saya juga heran kandunan apa yang ada di dalam kayu sepang sehingga menjadikan perubahan warna tersebut. Keunikan Air Sepang ini adalah ketika kita makan sesuatu yang begtu pekat rasanya di mulut seperti kari atau kopi maka ketika minum Air Sepang rasa pekat itu pun hilang dan berubah netral kembali mulut kita. Hebat kan? Yuk cicipi..

9. Sop Ikan


Sop Ikan di Tanjungpinang biasanya berisi ikan tengiri yang berkuah bening nan segar dengan bumbu rempah yang menjadikan rasanya makin nikmat.

10. Nasi Dagang


Kalau saya bilang, ini adalah nasi kucingnya Tanjungpinang. Isinya yaitu nasi bersantan dengan lauk yang bermacam-macam kebetulan yang saya cicipi kemarin lauknya ikan. Ukuran nasinya juga sepertinya tergantung di mana membeli karena ketika mencoba di tempat yang lain ternyata ukurannya ndak dikit-dikit amat.

11. Lemper


Rasanya sama kok seperti lemper pada umunya yang membedakan hanya bentuknya yang panjang..

12. Roti Jala


Roti ini terbuat dari tepung terigu, telur dan air yang dibentuk seperti jala. Sebenarnya roti jala ini berbentuk dadar namun dengan cetakan khusus akhirnya menjad bentuk jala. Roti jala disajikan dengan kari kambing sebagai pendampingnya.

13. Gonggong


Hewan yang menjadi ikon Kota Tanjungpinang ini ternyata enak loh!
Jadi Gonggong ini merupakan hewan seperti siput. Biasanya disajikan dengan cara direbus dan cara makannya pun membutuhkan ketelitian haha. Jadi biasanya ada daging yang mencuat keluar cangkang Gonggong, nah itu ditarik, nanti daging di dalam cangkangnya akan keluar tapi ndak semua Gonggong bisa ditarik lewat daging yang mencuat tadi ya, ada juga yang susah sekali diambil dagingnya, nah kalau begini bisa memakai alat bantu seperti tusuk gigi.

14. Manisan Jambu


Kalau kata teman saya manisan ini aslinya dari Medan, tapi di Tanjungpinang ada juga ternyata haha. Yang menarik dari manisan jambunya ialah daging jambunya yang begitu tebal serta dipadukan dengan bumbu yang nyess banget! Rasanya mirip dengan rujak manis kalau Jawa. Manisan ini banyak dijumpai di sepanjang Tepi Laut Tanjungpinang ya teman-teman :D

15. Kopi Susu Warkop Batman


Kalau di kota-kota besar di Jakarta atau Surabaya orang-orang ketika bertemu dengan rekan kerja, klien,dll biasanya di cafe atau warung kopi yang ada di mall. Nah kalau di Tanjungpinang, orang-orangnya suka banget ngopi di warung-warung pinggir jalan. Alhasil banyaak sekali warung-warung kopi yang ada di Tanjungpinang ini salah satunya Warkop Batman ini. Soal rasa, enak pol lahh!

16. Ikan Asam Pedas


Terakhir adalah ikan asam pedas yang saya makan ketika di Pulau Penyengat. Jadi karena Kepulauan Riau salah satunya adalah Tanjungpinang ini adalah wilayah kepualauan, maka banyak sekali olahan hasil laut yang diracik menjadi makanan super nyess nan lezat. Ikan asam pedas sendiri adalah olahan ikan dengan kuah kental yang berwarna merah. Rasa pedasnya datang dari perpaduan antara lada putih, cabai, serta jahe yang berpadu menjadi satu menjadi bumbu si ikan yang ditangkap dari lautan.

Nah itu tadi cerita singkat kuliner-kuliner yang saya cicipi di Tanjungpinang, Bagaimana? kalian tertarik dan pengen cicipi yang mana? Yang pastti soal rasa tak kan bikin kalian kecewa :D



.....
Tulisan ini adalah salah satu hasil perjalanan dari kegiatan famtrip oleh Kementerian Pariwisata. Semoga bermanfaat ya tulisannya :D #PesonaIndonesia  #PesonaTanjungpinang



Baca cerita lainnya:  









12 comments:

  1. duh. salah buka nih. Pas lagi mau adzan dzuhur buka tulisan ini. Haha.
    aku penasaran banget sama rasa Gonggong.
    Kuliner nusantara kita emang beragam ya. Sangat mustahil bisa nyobain semuanya. Semoga bs ngontrol kolestrol. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. santaiiiii sebelum jalan-jalan kontrol makan dulu biar aman kolesterolnya wkwk

      Delete
  2. Aduuuuuuhhhh aku kok jadi ingin kesanaaa icip-icip kuliner gegara baca ini :(((

    ReplyDelete
  3. Tahunya di Tanjung Pinang itu cuma punya gonggong aja, ternyata ada banyak enak-enak yang lainnya. Catet dulu ahh. Apalagi Kopi Sekanak-nya yang dikasih kayu manis itu. Slurpppp. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo cobainn, rekom banget kopi sekanak

      Delete
  4. Bingke Pandan mirip sama Bolu Kemojo dari Pekanbaru ya... Gonggong sama Sup Ikan juga banyak ditemui di Batam.. hehehe.. enak2 lah semuanya..

    ReplyDelete
  5. lapaarrrrr....ahaha...banyak yang belum pernah tc coba nihhh...

    ReplyDelete
  6. teganya membuatku lapar di jam segini.....

    ReplyDelete