Berkarya untuk Negeri

Monday, August 21, 2017 Imama Lavi Insani 2 Comments




Menurut kbbi, arti kata merdeka ialah /mer·de·ka/ /merdéka/ a 1 bebas (dari perhambaan, penjajahan, dan sebagainya); berdiri sendiri: ; 2 tidak terkena atau lepas dari tuntutan; 3 tidak terikat, tidak bergantung kepada orang atau pihak tertentu; leluasa. 

Lalu hal yang paling sering ditanyakan ketika 17 Agustus tiba ialah, “Apakah bangsa ini benar-benar merdeka?”Kemudian kemiskinan, fasilitas umum yang belum sepenuhnya dapat dinikmati oleh masyarakat, dan ketimpangan sosial lain diperlihatkan di media-media yang ada di Indonesia.

Bagi saya sendiri yang dilahirkan setelah kemerdekaan telah diraih dan ketika melihat tayangan media yang memerlihatkan ketimpangan sosial tersebut lalu dihubungkan dengan pertanyaan-pertanyaan yang menurut saya,” Hmm iya ya, yakin nih Indonesia sepenuhnya sudah merdeka? Angka kemiskinan masih tinggi, fasilitas umum di daerah luar Jawa yang belum optimal, dan lainnya membuat saya pusing sendiri.

Apalagi biasanya dibanding-bandingkan dengan kemajuan negara tetangga yang lebih muda umur kemerdekaannya namun telah memiliki kemajuan yang selangkah ke depan dari Indonesia. 

Mengapa dibanding-bandingkan dengan negara lain? Padahal ndak enak loh dibanding-bandingkan itu :( Indonesia memiliki masalah sendiri yang bagi saya kompleks sekali. 

Beberapa waktu yang lalu saya datang ke sebuah acara yang menghadirkan Bu Sri Mulyani, Menteri Keuangan Indonesia. Beliau menjelaskan mengapa Indonesia berhutang. Jadi intinya, ya kalau ndak berhutang bagaimana caranya Indonesia dapat menutupi semua anggaran yang telah dianggarkan untuk pembangunan negeri wong masyarakatnya ndak bayar pajak. 

Dari 36 juta wajib pajak ternyata hanya 32,3% yang membayarnya.




Kalau misalnya Indonesia ndak berhutang nanti bagaimana mencapai pembangunan negeri, bagaimana caranya menutupi anggaran negara tahunan ? 

Kalau kata salah satu pepatah, Jangan bertanya apa yang negara dapat berikan untukmu, namun pertanyakan apa yang kamu berikan kepada negara. 

Pepatah ini menurut saya yang dapat menjawab itu semua haha.

Kalau wajib pajak sadar dan membayarnya ya memang tidak menjamin semua hal akan langsung berubah menjadi baik dan sempurna namun minimal kita sudah melakukan apa yang sudah seharusnya kita lakukan pada negara.

Selain tentang pajak, bagi saya mengisi kemerdekaan itu dimulai dari hal-hal sederhana yang kita bisa lakukan dan kerjakan seperti berkarya.

Kalau kita bisa menulis, ya menulislah untuk Indonesia, ceritakan bagaimana Indonesia itu kepada banyak orang. Kalau bisa mengajar, ya mengajarlah agar calon pemimpin negeri ini dapat pendidikan yang baik, kalau bisa ngoding, ya buatlah aplikasi dan sistem yang dapat membangun negeri apalagi saat ini banyak sekali program startup yang bertujuan untuk membangun negeri.

Klise sepertinya ya apa yang saya tuliskan tapi jujur hanya itu hal-hal yang menurut saya dapat mengisi kemerdekaan di negeri ini yaitu mengisinya dengan hal-hal yang dapat kita berikan pada bangsa kita sendiri. 

Saya membayangkan kalau saja masyarakat di negeri ini tak lagi sibuk membanding-bandingkan negeri ini dan mulai berkarya membuat sesuatu hal positif bagi bangsa ini dengan kemampuan yang mereka miliki maka pembukaan UUD '45 yang tertuang cita-cita negeri tak hanya sebagai sebuah teks yang dibacakan saja namun akan tercapai sepenuhnya.

Merdeka! 

Salah satu kegiatan 17 Agustus di rumah saya, jalan sehat bareng :D


Posting bareng Travel Bloggers Indonesia dalam rangka merayakan hari Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2017, baca tulisan teman saya lainnya ya:

1. Indri Juwono: Terang Merdeka Gunung Sangar
2. Andre Handoyo: Bersatu dalam Keberagaman

2 comments:

  1. Menunggu kak Ima di puncak nanti menggantikan Ibu Sri :)

    ReplyDelete
  2. Have you ever considered creating an e-book or guest authoring on other websites? I have a blog centered on the same information you discuss and would really like to have you share some stories/information. I know my subscribers would appreciate your work. If you're even remotely interested, feel free to send me an e mail. paypal login

    ReplyDelete